[SALAH] RIBUAN KADER PAN NGAMUK AKIBAT ZULKIFLI HASAN TAK USUNG ANIES

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan informasi kredibel terkait ribuan kader PAN mengamuk akibat tidak terima dengan keputusan Zulkifli Hasan yang memilih mengusung Ganjar dan bukan Anies.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1688972665.145774/singlefile.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
akar rumput pilih anies !! tak terima dengan keputusan zulhas usung Ganjar,ribuan kader pan ngamuk

DETIK-DETIK RICUH
KETUM PARTAI VS KADDER
PAN HANCUR LEBUR AKIBAT ZULHAS TAK USUNG ANIES

=======

[PENJELASAN]:
Channel youtube POLITIK NEGARA mengunggah sebuah video dengan klaim narasi yang menyatakan bahwa ribuan kader PAN mengamuk akibat tidak terima dengan keputusan Zulkifli Hasan yang memilih mengusung Ganjar dan bukan Anies.

Setelah ditelusuri, dari awal hingga akhir video tidak ditemukan pemberitaan terkait klaim narasi yang beredar. Dalam video tersebut hanya berisi cuplikan beberapa video dan gambar dari peristiwa yang berbeda.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari tribunnews.com berjudul “Dukungan untuk Anies Baswedan di Pilpres 2024 Mulai Merambah ke Wilayah Perkampungan di Jawa Barat” yang tayang pada 1 April 2023.

Thumbnail yang menampilkan kerusuhan tersebut identik dengan foto yang dimuat pada artikel detik.com berjudul “Panasnya Kongres PAN: Kursi Terbang, Kaca Pecah hingga 10 Orang Luka” yang diiunggah pada 11 Februari 2020.

Foto tersebut merupakan peristiwa kerusuhan saat Kongres V PAN di Hotel Claro, Kendari Sulawesi Tenggara pada 11 Februari 2020 silam dan tidak ada kaitannya dengan narasi yang dijelaskan dalam video tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa ribuan kader PAN mengamuk akibat Zulhas tidak usung Anies adalah keliru dan termasuk ke dalam konte yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://wartakota.tribunnews.com/2023/04/01/dukungan-untuk-anies-baswedan-di-pilpres-2024-mulai-merambah-ke-wilayah-perkampungan-di-jawa-barat

https://news.detik.com/berita/d-4894797/panasnya-kongres-pan-kursi-terbang-kaca-pecah-hingga-10-orang-luka/3