[SALAH] “BUKTI SURYA PALOH DAN NASDEM GUNAKAN DANA BTS UNTUK MODAL KAMPAYE ANIES”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Surya Paloh dan Nasdem gunakan dana BTS untuk dana kampanye Anies Baswedan.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1688562412.020317/singlefile.html

=====

[NARASI]: Bukt1 Ini K4getk4n Kej4gung Sury4 Pal0h Gun4kan Dana B-ts Untuk K4mpany3.

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Terminal hati” mengunggah video dengan narasi bahwa Surya Paloh dan Nasdem gunakan dana BTS untuk dana kampanye Anies Baswedan.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Gambar thumbnail identik dengan artikel milik Bisnis.com dengan judul artikel “Kejagung Tetapkan Eks Dirut Dapen Pelindo Tersangka Kasus Korupsi” yang diunggah pada 9 Mei 2023.

Salah satu video identik memperlihatkan sosok Menpora Dito Aritedjo yang sedang membantah bahwa dia menerima aliran uang dari proyek BTS Kominfo, video tersebut dapat dilihat melalui kanal Youtube KOMPASTV dengan judul “Menpora Dito Aritedjo Bantah Terima Aliran Uang dari Proyek BTS Kominfo”.

Video identik lainnya diunggah oleh kanal Youtube dengan nama pengguna KOMPASTV dengan judul Video “BREAKING NEWS – Konpers Rapat Dengar Pendapat Jaksa Agung & Komisi III DPR, Ada Kasus Sambo?”.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa Surya Paloh dan Nasdem gunakan dana BTS untuk dana kampanye Anies Baswedan adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://m.bisnis.com/kabar24/read/20230509/16/1654234/kejagung-tetapkan-eks-dirut-dapen-pelindo-tersangka-kasus-korupsi
https://youtu.be/D-Rn0FCVYN8
https://www.youtube.com/live/7VJiqNLQ6Dk?feature=share