[SALAH] “ATAS PERINTAH KERAJAAN ARAB RIBUAN UMAT DARI JEDDAH DEKLARASI ANIES BASWEDAN  SEBAGAI PRESIDEN”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa ribuan umat deklarasi Anies sebagai Presiden dari Jeddah.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1688450564.080888/singlefile.html

=====

[NARASI]: Ata5 Perint4h Ker4jaan, Ribu4n Um4t Dekl4rasi Dari J3ddah Untuk An1es Presiden

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Perspektif” mengunggah video dengan narasi bahwa ribuan umat deklarasi Anies sebagai Presiden dari Jeddah.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Awal video memperlihatkan sosok Anies Baswedan yang tengah berada dikerumunan jemaah haji, video identik tersebut dapat dilihat pada kanal Youtube milik tvOneNews dengan judul “Anies Dikerubungi Jemaah Haji Indonesia di Arab Saudi”.

Video identik lainnya memperlihatkan sosok Anies Baswedan, Yusuf Mansur dan Ganjar Pranowo sedang duduk bersebelahan, video tersebut identik dengan video yang diunggah kanal Youtube SINDOnews dengan judul “Cerita Yusuf Mansur saat Ganjar dan Anies Dipanggil Raja Salman ke Istana MBS”.

Tidak  ditemukan juga video yang menyebut bahwa ada ribuan jamaah Indonesia sedang mendeklarasikan Anis BAswedan sebagai Presiden dari Jeddah.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa ribuan umat deklarasi Anies sebagai Presiden dari Jeddah adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://www.youtube.com/watch?v=64CgQkdg7xM
https://www.youtube.com/watch?v=Si04oR8qvlk
https://turnbackhoax.id/2023/07/13/salah-jamaah-haji-dukung-anies-ribuan-orang-deklarasi-anies-langsung-depan-kabah/