[SALAH] Video “Daun ampuh sembuhkan katarak”

Informasi yang menyesatkan. Dokter Spesialis Mata dari RS Mata JEC dr Florence Meilani Manurung menegaskan, katarak hanya bisa disembuhkan dengan operasi (phacoemulsification).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Mayapulut (fb.com/mayapulut) pada 23 Juni 2023 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan tanaman dengan bunga berwarna putih dengan narasi sebagai berikut:

“Daun ampuh sembuhkan katarak #viraltiktok #ruralfood #fyp #mayapulut #herbal #viralreels #bolang #viralkan #alam #rural #herbalalami #HEBAL”

Sumber: archive.ph/bfsqd (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang memperlihatkan tanaman dengan bunga berwarna putih dengan klaim bahwa daun dari tanaman itu adalah bat yang ampuh untuk menyembuhkan katarak merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, Dokter Spesialis Mata dari RS Mata JEC dr Florence Meilani Manurung menegaskan, katarak hanya bisa disembuhkan dengan operasi (phacoemulsification).

Dilansir dari artikel periksa fakta berjudul “[SALAH] Bunga Kitolod dapat Mengobati Gangguan Mata Mulai dari Mata Minus hingga Katarak” yang terbit di turnbackhoax.id pada 16 Maret 2023, dr. Singgih E Prasetyo juga menjelaskan bahwa hal ini belum didukung secara cukup memadai oleh penelitian. Masih perlu dilakukan pengujian dan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

Mata minus atau dikenal sebagai rabun jauh ( miopi) ditangani dengan kacamata, soft lense,dan juga dengan pembedahan/operasi LASIK menggunakansinar laser. dr Singgih juga menghimbau untuk menghindari penggunaan obat tertentu secara mandiri terutama jika belum jelas keamanannya.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2023/03/16/salah-bunga-kitolod-dapat-mengobati-gangguan-mata-mulai-dari-mata-minus-hingga-katarak/
https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/15/203500665/-hoaks-bunga-kitolod-dapat-mengobati-katarak-mata-minus-plus-dan-tumor-mata
https://www.alodokter.com/komunitas/topic/manfaat-bunga-kiloid

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo