[SALAH] Foto “Di PERANCIS kerusuhan menghadirkan perampokan SUPER MARKET. Ternyata BACON (DAGING BABI) masih tersusun rapi di raknya”

Tidak terkait kerusuhan di Perancis tahun 2023. Foto makanan yang ada di rak itu sudah beredar di internet sejak tahun 2014.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Twitter Dr. Jhonni Sinaga (twitter.com/JhonniSinaga20) pada 7 Juli 2023 mengunggah kolase foto yang salah satunya menampilkan makanan yang ada di rak dengan narasi:

“Di PERANCIS … kerusuhan menghadirkan perampokan SUPER MARKET. Ternyata BACON (DAGING BABI) masih tersusun rapi di raknya. Sementara rak rak lainya sudah kosong melompong …!!!

Sumber: archive.ph/QNkJm (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto makanan yang ada si sebuah rak yang diklaim sebagai daging babi yang masih tersusun rapi pada saat perampokan di kerusuhan di Perancis pada tahun 2023 merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, foto itu tidak terkait kerusuhan di Perancis tahun 2023. Foto makanan yang ada di rak itu sudah beredar di internet sejak tahun 2014.

Salah satu artikel yang memuat foto itu adalah artikel berjudul “Le guide du jambon pour choisir le meilleur” (Terjemahan: Panduan ham untuk memilih yang terbaik) yang terbit di situs consoglobe.com pada 23 September 2014.

REFERENSI
https://www.consoglobe.com/guide-du-jambon-cg (Arsip: archive.ph/mAZfJ)

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo