[SALAH] Video Megawati Pidato Anti Pancasila

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Video tersebut tidak benar. Faktanya, video asli merupakan Megawati sedang berpidato pada Kongres V PDIP 2019 di Bali dan berpesan untuk menghargai perjuangan pahlawan dengan tidak merombak dan mengganti pancasila. Video tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah

= = = = =

SUMBER: Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1687787263.631428/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“SEMUA PARTAI PASTI BOYKOT
❌PARTAI PDIP❌

BERDASARKAN FAKTA SEJARAH KELAM BAHWA YANG ANTI PANCASILA CUMA PKI TAPI TERNYATA MEGAWATI JUGA ANTI PANCASILA DAN ANTI AJARAN AGAMA
❌❌❌❌❌❌

Bantahan tidak video tersebut merupakan pidato mega saat pembukaan Kongres V PDIP di Bali dan tidak pidato anti pancasila”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tiktok perubahanindonesia memposting sebuah video berdurasi 18 detik. Video tersebut berisi Megawati yang sedang berpidato dan terdapat narasi bahwa megawati anti pancasila dan anti ajaran agama.

Setelah ditelusuri menggunakan Invid, ditemukan video yang identik pada kanal youtube Metro TV yang diunggah pada 8 Agustus 2019. Video tersebut berjudul “(Full) Pidato Politik Megawati di Kongres V PDIP 2019 di Bali”. Video tersebut merupakan video Ketua Umum PDIP Megawati yang sedang memberi pidato bahwa tidak boleh menyia-nyiakan perjuangan pahlawan dengan mencoba merombak dan mengganti pancasila. Hoaks dengan video tersebut juga merupakan hoaks lama yang kembali beredar, pada bulan Oktober 2021 berdasarkan artikel turnbackhoax.id terdapat artikel yang membahas hoaks Megawati ingin merubah pancasila.

Dengan demikian video Megawati berpidato anti pancasila merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Hoaks tersebut ditemukan juga pada Oktober 2021, video asli merupakan Megawati sedang berpidato pada Kongres V PDIP 2019 di Bali dan berpesan untuk menghargai perjuangan pahlawan dengan tidak merombak dan mengganti pancasila, sehingga masuk dalam kategori konteks yang salah.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=35uU0pEcJck
https://turnbackhoax.id/2021/10/08/salah-video-ini-bukti-megawati-ingin-merubah-pancasila/