[SALAH] “AHOK DITOLAK UNTUK MAJU NYAPRES DI 2024”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Ahok ditolak untuk maju nyapres di 2024″.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1687957205.531106/singlefile.html

=====

[NARASI]: V1ral ~ F4kta Menger1kan Soal Ah0k, P4ntas Dit0lak M4ju Ny4pres 2024

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Golliat” mengunggah video dengan narasi bahwa Ahok ditolak untuk maju nyapres di 2024.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Gambar thumbnail identik dengan artikel milik detiknews.com dengan judul artikel “Sehari Jelang Pencoblosan, Ahok Bertemu Jokowi di Kantor Presiden” yang diunggah pada 18 April 2017.

Salah satu video identik memperlihatkan sosok Mahfud MD yang sedang membicarakan tentang apakah Ahok bisa maju capres atau cawapres, video tersebut diunggah oleh kanal Youtube milik KOMPASTV dengan judul “Mahfud MD: Ahok Tak Bisa Maju Capres/ Cawapres – AIMAN” video tersebut diunggah pada tahun 2018.

Cuplikan video identik lainnya memperlihatkan sosok Rudi S Kamri yang diunggah oleh akun Youtube dengan nama akun Kanal Anak Bangsa mengunggah video dengan judul “AHOK BICARA ORANG PINTAR DIBERIKAN KESEMPATAN BEKERJA. LALU HASILNYA ?”.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa Ahok ditolak untuk maju nyapres di 2024 adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://news.detik.com/berita/d-3477671/sehari-jelang-pencoblosan-ahok-bertemu-jokowi-di-kantor-presiden
https://youtu.be/3GQMFb2pd5I
https://www.youtube.com/watch?v=QL1d9rQmHTA