[SALAH] Foto yang Menunjukkan Pasangan yang Berhubungan Intim di Gereja Supaya Bisa Memiliki Keturunan

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Foto tersebut diambil di Gereja Brazil saat dua wanita sedang latihan penyembuhan kenabian sebagai salah satu program gereja tersebut, bukan pasangan suami istri yang berhubungan intim di gereja supaya bisa memiliki keturunan.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/HPFqZ#selection-427.0-427.76

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Pendeta meminta pasangan suami istri yang sedang kesulitan memiliki anak untuk berhubungan intim di dalam gereja, dan di depan para jemaat agar mereka juga bisa berdoa supaya pasangan tersebut bisa hamil”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @tsheko2020 mengunggah foto yang menunjukkan dua orang yang sedang terlihat berhubungan intim dan disaksikan oleh banyak orang. Pengguna Twitter tersebut menambahkan penjelasan bahwa foto tersebut diambil di gereja, dengan instruksi seorang pendeta kepada pasangan tersebut untuk berhubungan intim disaksikan jemaat umum gereja supaya pasangan tersebut bisa memiliki keturunan.

Cuitan dan foto yang diunggah pada 30 Mei 2022 tersebut telah disukai 503 orang, dibagikan dan dikutip ulang sebanyak hampir 400 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Kanal berita Kanyi Daily pernah menulis artikel mengenai kejadian tersebut dengan menggunakan foto yang sama persis. Dilansir dari artikel Kanyi Daily, dua orang tersebut merupakan sesama wanita yang sedang melakukan latihan penyembuhan kenabian yang merupakan program dari gereja tersebut.

Selain itu, informasi serupa juga telah dibahas oleh Snopes dengan judul “Photo Does Not Show Couple Unable to Conceive Having Sex in Church” dan dikategorikan sebagai Miscaptioned.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.kanyidaily.com/2022/05/church-reacts-to-viral-claims-that-their-pastor-made-infertile-couple-have-sx-on-the-church-altar-to-conceive.html


https://www.snopes.com/fact-check/couple-sex-church/