[SALAH] Artikel Slay: Yuval Noah Harari, Penasihat Senior untuk Forum Ekonomi Dunia, Menyerukan AI untuk Menulis Ulang Alkitab untuk Membuat Agama yang “Benar”

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Yuval Noah Harari merupakan pembicara yang diundang pada Forum Ekonomi Dunia tahun 2020, bukan penasihat senior untuk forum tersebut. Serta, diskusi beliau pada WEF 2020 menitikberatkan kepada tiga tantangan terbesar bagi masyarakat dunia di masa depan, bukan menyerukan AI untuk menulis ulang Alkitab.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Artikel Slay
https://archive.is/FMXCG

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“WEF (Forum Ekonomi Dunia) menyerukan AI untuk menulis ulang Alkitab untuk membuat ‘Agama yang memang benar”.

“Yuval Noah Harari, penasihat senior untuk WEF dan ketua WEF, Klaus Schwab, berpendapat bahwa menggunakan AI untuk menggantikan kitab suci akan menciptakan ‘agama yang benar’ yang bersatu”.

=====

Penjelasan:
Kanal berita Slay menulis berita yang menyatakan bahwa Yuval Noah Harari, yang merupakan penasihat senior untuk Forum Ekonomi Dunia, menyerukan penggunaan AI untuk menulis ulang Alkitab supaya dapat menciptakan agama yang dianggap “lebih benar” pada forum WEF 2020 lampau. Artikel berita yang dipublikasikan pada 10 Juni 2023 tersebut telah banyak dibagikan ulang di berbagai kanal media sosial.

Berdasarkan hasil penelusuran, berita tersebut menyesatkan. Dilansir dari situs resmi World Economic Forum, Yuval Noah Harari merupakan sejarawan, filsuf dan professor dari The Hebrew University of Jarussalem, bukan penasihat senior untuk WEF.

Selain itu, Yuval Noah Harari memang menjadi salah satu narasumber di WEF 2020, namun tidak terdapat pembahaan mengenai imbauan untuk AI menulis ulang Alkitab pada saat itu. Dilansir dari situs resmi WEF, Yuval menitikberatkan tiga tantangan terbesar bagi masyarakat dunia di masa depan saat berbicara di WEF 2020 yaitu: perang nuklir, keruntuhan ekologis dan gangguan teknologi. Tidak disebutkan mengenai AI dan alkitab sama sekali.

Dengan demikian, berita yang dipublikasikan oleh kanal berita Slay merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.weforum.org/people/yuval-noah-harari


https://www.weforum.org/agenda/2020/01/yuval-hararis-warning-davos-speech-future-predications/