[SALAH] OLIGARKI KEJANG2 !! ISTANA DIAM2 KECOLONGAN || TERNYATA MAHFUD MD DUKUNG ANIES.

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah.Unggahan video dengan klaim Mahfud MD diam-diam dukung Anies Baswedan maju sebagai Capres. Unggahan tersebut hanya menarasikan artikel terkait berita tentang Mahfud MD yang meminta tolong kepada Denny Indrayana dan PKS agar Anies tetap bisa maju Capres 2024 agar demokrasi dalam pemilu 2024 terjaga dan seimbang.

=========
[KATEGORI]: Konten  dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1687303528.566511/singlefile.html (YouTube)

=====
[NARASI]: “OLIGARKI KEJANG2 !! ISTANA DIAM2 KECOLONGAN || TERNYATA MAHFUD MD DUKUNG ANIES”

============
[PENJELASAN]:

Akun YouTube Politik Rakyat Indonesia pada 19 Juni 2023 mengunggah video dengan judul “OLIGARKI KEJANG2 !! ISTANA DIAM2 KECOLONGAN || TERNYATA MAHFUD MD DUKUNG ANIES”. Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Video yang berdurasi 6 menit 24 detik itu tidak membahas pengakuan Mahfud MD yang mendukung Anies Baswedan sebagai capres 2024. Hal tersebut juga dijelaskan dalam video pendek yang diunggah oleh suaradotcom bahwa Mahfud MD tegas tidak mendukung Anies Baswedan tetapi mendukung semua calon.

Unggahan tersebut juga hanya menarasikan artikel berjudul “Mahfud Akui Minta Tolong Denny Indrayana dan PKS agar Anies Bisa Maju Capres 2024
” yang diunggah pada laman KOMPAS.com tanggal 5 Juni 2023. Artikel ini membahas tentang pernyataan Mahfud MD yang meminta tolong kepada Denny Indrayana dan PKS agar Anies tetap bisa maju sebagai capres 2024. Hal tersebut dilakukan oleh Mahfud MD untuk menjaga demokrasi pemilu 2024 dan menjauhkan pernyataan-pernyataan negatif yang ditujukan kepada istana selama pencalonan berlangsung.

==========
[REFERENSI]:
– https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/nasional/read/2023/06/05/13412421/mahfud-akui-minta-tolong-denny-indrayana-dan-pks-agar-anies-bisa-maju-capres
– https://youtube.com/shorts/nv2psZfT-_8?feature=share3