[SALAH] “MAHFUD MD BERHASIL GAGALKAN ANIES BASWEDAN NYAPRES PILPRES 2024”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi Mahfud MD berhasil gagalkan Anies Baswedan nyaprs di pilpres 2024.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1687680725.993247/index.html#mahfud-md-berhasil-gagalkan-anies-nyapres.pdf

=====

[NARASI]: Di Past1kan G4gal Ny4pres !! L4ngkah Cerdk1 M4hfud Berhasil Jeb1oskan Yohan1es

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Golliat” mengunggah video dengan narasi bahwa Mahfud MD berhasil gagalkan Anies Baswedan nyaprs di pilpres 2024.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Gambar thumbnail identik dengan artikel milik Kompas.com dengan judul artikel “BPK Nonaktifkan 4 Pegawai yang Diduga Terima Suap dari Bupati Bogor”.

Salah satu video identik memperlihatkan sosok Anis Baswedan yang mana video identik itu identik dengan video yang diunggah oleh kanal Youtube Tribun MedanTV dengan judul “Kritikan Tajam Anies Soal Penjegalan di Pilpres Tanggapi Pernyataan Jokowi Cawe-cawe di Pemilu 2024!.

Video identik lainnya sosok Presiden Joko Widodo yang ungkap alasannya cawe-cawe di pilpres 2024. Menurut Jokowi, ia wajib cawe-cawe dalam transisi kepemimpinan nasional sebagai bentuk tanggung jawab moral sebagai presiden. Video itu sama dengan yang diunggah oleh kanal Youtube milik Kompas.com dengan judul “Berdampingan dengan Megawati dan Ganjar, Jokowi Beri Alasan Cawe-cawe di Pilpres 2024”.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa Mahfud MD berhasil gagalkan Anies Baswedan nyapres di pilpres 2024 adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFREFNSI]:
https://youtu.be/_GIQ1opBKNo
https://youtu.be/GqnG3E6Ek90
https://amp.kompas.com/nasional/read/2022/04/28/05382941/bpk-nonaktifkan-4-pegawai-yang-diduga-terima-suap-dari-bupati-bogor