[SALAH] CAK IMIN TINGGALKAN PRABOWO DAN MERAPAT KE KUBU ANIES

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul, thumbnail dan isi video tidak berkaitan. Dalam video klaim tersebut sama sekali tidak terdapat informasi terkait Cak Imin yang tinggalkan Prabowo dan merapat ke kubu Anies Baswedan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1687506064.183487/singlefile.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
SELAMAT TINGGAL PRABOWO || CAK IMIN BANTING SETIR MERAPAT KE KUBU ANIES

LANGKAH TEPAT PKB..!!!
TINGGALKAN PRABOWO
CAK IMIN BANTING SETIR MERAPAT KE KUBU ANIES BASWEDAN (Dalam thumbnail)

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube CATATAN POLITIK dengan klaim narasi yang menyatakan bahwa Cak Imin atau Muhaimin Iskandar tinggalkan Prabowo dan merapat ke kubu Anies Baswedan.

Setelah dilakukan penelusuran, isi dalam video klaim tersebut tidak ditemukan pemberitaan terkait Cak Imin yang tinggalkan Prabowo dan merapat ke kubu Anies Baswedan.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari republika.com berjudul “Di Twitter, Cak Imin Unggah Kesamaannya dengan Anies, Sinyal?” yang diunggah pada 9 Juni 2023.

Thumbnail yang menampilkan Cak Imin bersama tim kecil dari Partai NasDem, Demokrat dan PKS tersebut identik dengan gambar unggahan artikel merahputih.com berjudul “Anies Bakal Temui Petinggi PKS, Demokrat Beri Dukungan” yang diunggah pada 29 Oktober 2022.

Dalam foto aslinya tidak menampilkan Cak Imin melainkan gambar Anies Baswedan yang diedit dengan menempelkan gambar Cak Imin. Sehingga dapat dipastikan gambar thumbnail yang terdapat pada video tersebut merupakan hasil manipulasi.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim yang menyatakan Cak Imin tinggalkan Prabowo dan merapat ke kubu Anies Baswedan tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-cak-imin-resmi-tinggalkan-koalisi-prabowo-dan-pindah-haluan-dukung-anies.html

https://news.republika.co.id/berita/rvyx6z377/di-twitter-cak-imin-unggah-kesamaannya-dengan-anies-sinyal

https://merahputih.com/post/read/anies-bakal-temui-petinggi-pks-demokrat-beri-dukungan