[SALAH] Tolak Kedatangan Ganjar, Ribuan Mahasiswa Tutup Jalan Utama Surabaya

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi mengenai penolakan safari politik Ganjar Pranowo di Surabaya. Narasi dalam video menjelaskan tentang kegiatan doa bersama yang dilakukan oleh relawan Anies Baswedan di Ajibarang.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1687514531.969072/singlefile.html (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: “TOLAK KEDATANGAN GANJAR !! RIBUAN MAHASISWA TUTUP JALAN UTAMA SURABAYA || BERITA TERBARU”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube TEROPONG ISTANA mengunggah video dengan klaim ribuan mahasiswa lakukan penutupan jalan utama di Surabaya. Hal ini dilakukan sebagai aksi penolakan terhadap kedatangan Ganjar Pranowo, bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sebelumnya diberitakan oleh Okezone, Ganjar lakukan safari politik ke Surabaya pada 11 Juni 2023. Ganjar menghadiri Rapat Kerja Nasional kedua Sahabat Ganjar di Kota Surabaya yang dihadiri ribuan relawan dari seluruh Indonesia.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi yang berkaitan dengan klaim video. Narator dalam video hanya membacakan ulang artikel yang diunggah oleh KBA News dengan judul “Kiai NU dan Relawan Banyumas Gelar Doa Pemenangan Anies Baswedan.”

Dalam artikel tersebut menjelaskan tentang relawan dan Kiai Nahdlatul Ulama di Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menggelar doa bersama untuk mendukung dan memenangkan Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Doa bersama ini dilaksanakan 4 Juni 2023 lalu.

Ketua relawan Anies Baswedan Ajibarang, Babeh Wastam mengatakan, acara ini digelar sebagai respons situasi politik nasional yang terus menghangat menjelang Pilpres 2024.

=====

[REFERENSI]:

– https://kbanews.com/geliat-jateng/kiai-nu-dan-relawan-banyumas-gelar-doa-pemenangan-anies-baswedan/
– https://news.okezone.com/play/2023/06/11/1/167045/safari-politik-ke-surabaya-ganjar-minta-pendukung-militan-dan-loyal