[SALAH] Emosi Memuncak! Gibran Perintahkan Amien Rais Diseret Paksa

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Gibran perintahkan untuk seret paksa Amien Rais adalah konten yang dimanipulasi. Faktanya tidak ada bukti yang valid terkait hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1687320151.060486/singlefile.html

====
[NARASI]: “EMOSI MEMUNCAK!! GIBRAN BUNGKAM AMIEN RAIS DENGAN CARA MENGEJUTKAN BEGINI”

====

[PENJELASAN]:

Akun Youtube Topik News (https://youtube.com/@topiknews6200) pada tanggal 20 Juni 2023 mengunggah sebuah video mengenai Amien Rais yang diseret paksa aparat atas perintah Gibran, Walikota Solo. Faktanya hingga berita ini dibuat tidak ada bukti yang valid terkait hal tersebut. 

Dalam thumbnail yang ditampilkan nampak Amien Rais yang diseret oleh aparat kepolisian dan Gibran berdiri di sampingnya. Namun setelah dilihat lebih jauh, video berdurasi 8 menit 25 detik tersebut sama sekali tidak menjelaskan soal kemarahan Gibran hingga memerintahkan aparat kepolisian untuk menyeret Amien Rais.

Setelah dilakukan penelusuran, video dalam unggahan tersebut  membahas mengenai tanggapan Gibran terhadap ancaman Amien Rais yang ingin mengobrak-abrik Kota Solo. Gibran nampak santai menanggapi pernyataan Amien Rais tersebut. Lebih lanjut, narator hanya membacakan narasi salah satu artikel berita milik harianhaluan.com yang berjudul “Respons Menohok Gibran ke Amien Rais Bikin People Power di Solo Lengserkan Jokowi: Bosen Tak Ada Hasilnya!” pada 13 Juni 2023. Sehingga dapat disimpulkan video unggahan di atas adalah konten yang dimanipulasi.

==========

[REFERENSI]

[1] https://www.harianhaluan.com/news/109126270/respons-menohok-gibran-ke-amien-rais-bikin-people-power-di-solo-lengserkan-jokowi-bosen-tak-ada-hasilnya
[2] https://www.youtube.com/watch?v=vM79Dulag14