[SALAH] Video “NASDEM AKHIRNYA MENYERAH LEBIH BAIK KEHILANGAN ANIES DARI PADA TENGGELAM”

MENYESATKAN, judul umpan klik. FAKTA: selain menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dan potongan-potongan video yang konteksnya TIDAK berkaitan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/kMNFl (arsip cadangan).

NARASI: * “NASDEM AKHIRNYA MENYERAH
DIAM-DIAM PALOH TEMUI MEGA !!
LEBIH BAIK KEHILANGAN ANIES DARI PADA NASDEM TENGGELAM” (di gambar pratinjau).

* “DIAM-DIAM SURYA PALOH TEMUI MEGA,TAK MAU NASDEM TENGGELAM PALOH LEBIH BAIK KEHILANGAN ANIS..” (di post).

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Dimanipulasi: Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”. [1]

SUMBER membagikan konten hasil MANIPULASI yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: judul umpan klik. Selain menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dan potongan-potongan video yang konteksnya TIDAK berkaitan.

Verifikasi Video

Salah satu foto dengan konteks yang BENAR yang disunting dan digunakan untuk gambar pratinjau oleh SUMBER, KOMPAS.com pada 3 Mei 2018: “Ketua DPP PDI-P Puan Maharani mengatakan, dalam pertemuan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri ada kemungkinan pembahasan cawapres pendamping Presiden Joko Widodo. …” [2]

Artikel yang dibaca di video, WE NewsWorthy pada 14 Jun 2023: “Pegiat media sosial Jhon Sitorus mengklaim NasDem lebih baik kehilang bakal calon presidennya, Anies Baswedan saat membahas sinyal pertemuan Surya Paloh dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.” … [3]

Salah satu video yang merekam peristiwa yang sama dengan potongan video yang digunakan oleh SUMBER dengan konteks yang BENAR, KOMPASTV di YouTube pada 22 Feb 2023: “JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, hari ini (22/2) bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Partai Demokrat di Menteng, Jakarta Pusat. …” [4]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google Videos, kata kunci “mega jokowi istana batu tulis 2018”. [5]

Hasil pencarian Google Videos, kata kunci “surya paloh temui ahy”. [6]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] kompas.com: “Airlangga Akan Bertemu Megawati, Ada Kemungkinan Bahas Cawapres Jokowi”, https://bit.ly/3XiZaRn / https://archive.ph/cvcWV (arsip cadangan).

[3] wartaekonomi.co.id: “Bersilaturahmi dengan PDIP, NasDem Lebih Baik Kehilangan Anies”, https://bit.ly/43aWw1r / https://archive.ph/7Z4mH (arsip cadangan).

[4] youtube.com: “[LIVE] Surya Paloh Temui AHY di DPP Demokrat Hari Ini! Apa Agendanya?”, https://bit.ly/3CKqa2I / https://archive.ph/f5TZH (arsip cadangan).

[5] google.com, https://bit.ly/3XmPipw / https://archive.ph/8MzO8 (arsip cadangan).

[6] google.com, https://bit.ly/42WJjJa / https://archive.ph/QRjTw (arsip cadangan).