[SALAH] Putri Ariani Mendadak Dukung Anies Baswedan di Hadapan Ribuan Penonton Konser

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi mengenai Putri Ariani yang mendukung Anies Baswedan. Cuplikan video tersebut merupakan penampilan Putri Ariani yang membawakan lagu kebangsaan ‘Tanah Airku’ ketika tampil di Milad PKS ke-21.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1686822697.103676/singlefile.html (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: “MENGEJUTKAN !! PUTRI ARIANI MENDADAK DUKUNG ANIES DIHADAPAN RIBUAN PENONTON KONSER || BERITA TERBARU”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube TEROPONG ISTANA mengunggah video dengan klaim penyanyi muda Indonesia, Putri Ariani, mendukung Anies Baswedan di depan ribuan penonton konser. Dalam video tersebut ditamjpilkan cuplikan Putri bernyanyi dan Anies yang sedang memberikan pidato dengan logo PKS.

Sebelumnya, Putri mendapat sorotan masyarakat Indonesia karena berhasil mendapatkan Golden Buzzer pada ajang America’s Got Talent (AGT). Putri berhasil lolos audisi setelah menyanyikan lagu ciptaannya sendiri.

Stelah dilakukan penelusuran, cuplikan video tersebut merupakan penampilan Putri Ariani yang membawakan lagu kebangsaan ‘Tanah Airku’ ketika tampil di Milad PKS ke-21 yang digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada Sabtu, 20 Mei 2023.

Dalam momen itu Anies juga hadir di acara PKS itu, namun Putri tidak menyatakan dukungan kepada bakal calon presiden dari Partai NasDem itu.

Narasi dalam video juga tidak berkaitan dengan dukungan Putri untuk Anies. Narasi dalam video adalah gabungan beberapa artikel yang diunggah oleh situs KBA News dan Fajar.co.id.

Dalam artikel KBA News menjelaskan tentang tanggapan Presiden PKS Ahmad Syaikhu, mengenai prestasi Putri di AGT. Sedangkan artikel yang diunggah Fajar.co.id justru membahas hal lain, yaitu mengenai perbedaan hasil survei elektabilitas calon presiden yang dilakukan oleh berbagai lembaga survei.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa video yang diunggah oleh kanal Youtube TEROPONG ISTANA merupakan konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:

– https://kbanews.com/pilihan-redaksi/sebelum-tampil-di-americas-got-talent-putri-bawakan-lagu-kebangsaan-saat-anies-sampaikan-pidato-di-milad-pks/
– https://fajar.co.id/2023/06/12/surveyor-senior-ini-bongkar-kedok-lembaga-survei-sebut-anies-korban/?page=all
– https://yoursay.suara.com/news/2023/06/15/150032/cek-fakta-putri-ariani-mendadak-ajak-dukung-anies-di-hadapan-penonton-benarkah