[SALAH] Presiden Jokowi Beri Uang 7 Triliun untuk Putri Ariani.

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Tidak benar bahwa Presiden Jokowi memberikan uang 7 Triliun untuk Putri Ariani, isi video tersebut hanya berisi mengenai Putri yang didukung oleh para tokoh besar Indonesia.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Youtube https://archive.cob.web.id/archive/1686756264.929515/singlefile.html 

===========

[NARASI]: “Gempar Malam Ini ! Putri Ariani America’s Got Talent Dibayar 7 Trilliun Oleh Presiden Joko Widodo”

===========

[PENJELASAN]: 

Pada 13 Juni 2023 lalu beredar sebuah unggahan video di channel Youtube bernama CATATAN JURNALIS yang mengunggah video dengan klaim pada judul yang mengatakan bahwa Presiden Jokowi memberikan uang senilai 7 Triliun untuk Putri Ariani.

Diketahui bersama, Putri Ariani merupakan penyanyi sekaligus juara satu Indonesia’s Got Talent 2014 yang akhir-akhir ini ia menghebohkan masyarakat Indonesia karena prestasinya dimana ia mendapatkan Golden Buzzer di America’s Got Talent.

Atas prestasinya tersebut maka muncul juga banyak pemberitaan yang tidak benar terkait Putri Ariani, salah satunya pada unggahan video Youtube yang berjudul “Gempar Malam Ini ! Putri Ariani America’s Got Talent Dibayar 7 Trilliun Oleh Presiden Joko Widodo” tersebut. 

Setelah dicari tahu lebih lanjut, video berdurasi 4 menit lebih itu isinya sama sekali tidak membahas dan memperlihatkan bahwa memang benar adanya Presiden Jokowi memberikan hadiah uang sebesar 7 Triliun untuk Putri Ariani.

Justru video tersebut hanya membahas mengenai Putri yang mendapatkan banyak dukungan dari orang-orang yang memiliki nama besar seperti Sandiaga Uno dan juga Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Rosan Perkasa Roeslani.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.suarasurabaya.net/senggang/2023/sandiaga-ajak-masyarakat-olahraga-jempol-dukung-putri-ariani-di-agt-ke-18/

https://www.merdeka.com/uang/dubes-indonesia-untuk-as-dukung-putri-ariani-di-agt-2023-demi-kehormatan-merah-putih.html