[SALAH] Johnny G. Plate Nyaris Tewas saat Berupaya Melarikan Diri

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Johnny G. Plate yang menjadi salah satu tersangka kasus BTS 4G nyaris tewas saat melakukan upaya melarikan diri merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel milik merdeka.com berjudul “NasDem Kini Desak Jokowi Bongkar Korupsi BTS: Periksa Semua, Rp8 T Itu Besar Sekali”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1687227401.389494/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: โ€œGEMPAR SORE INI || JHONNY PLATE NYARIS TยฃWโˆ†S, UPAYA MELARIKAN DIRI GAGAL TOTAL”

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube Kabar News (https://www.youtube.com/@kabarnews672) pada 6 Juni 2023 mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa mantan Kemkominfo yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus BTS 4G Kominfo, Johnny G. Plate, nyaris tewas saat melakukan upaya untuk melarikan diri.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik merdeka.com berjudul “NasDem Kini Desak Jokowi Bongkar Korupsi BTS: Periksa Semua, Rp8 T Itu Besar Sekali”.

Artikel asli milik merdeka.com

Pada artikel asli tersebut, diberitakan bahwa Partai NasDem mendukung langkah Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk memeriksa semua pihak yang terlibat kasus korupsi BTS 4G Kominfo. Selain itu, NasDem juga mendukung pemblokiran semua rekening pihak yang terlibat untuk mencegah manipulasi. Lebih lanjut, hingga saat ini pun tidak ada informasi resmi dan bukti valid terkait Johnny G. Plate yang berupaya untuk melarikan diri dari penjara.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh channel YouTube Kabar News merupakan konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:

https://www.merdeka.com/politik/nasdem-kini-desak-jokowi-bongkar-korupsi-bts-periksa-semua-rp8-t-itu-besar-sekali.html
https://sumatera.suara.com/read/2023/06/01/111628/cek-fakta-bikin-gempar-kabar-johnny-g-plate-nekat-melarikan-diri-dari-penjara