[SALAH] Tangkapan Layar Artikel “Anies Baswedan Tegaskan Tak Akan Lanjutkan Semua Program Jokowi Jika Jadi Presiden”

MENYESATKAN, hasil MANIPULASI. FAKTA: judul yang BENAR yang dimuat di situs fajar.co.id adalah “Anies Baswedan Tegaskan Tidak Semua Program Jokowi akan Dilanjutkan Jika Jadi Presiden”.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi.

SUMBER: Twitter, https://archive.ph/FSBFy (arsip cadangan).

NARASI: * “Ngeri ka’le ini tanda2 ga’benar akan kelaut, kelanjutan itu sangat penting apa lagi 82 % Rakyat Indonesia ter❤️Cinta merasa puas dengan K e r j a K e r a s Bpk Joko Widodo Presiden RI ke 7 MERDEKA👍🤟🙏🇮🇩.” (di cuitan).

* “Anies Baswedan Tegaskan Tak Akan Lanjutkan Semua Program Jokowi Jika Jadi Presiden” (di tangkapan layar hasil MANIPULASI).

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Dimanipulasi: Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”. [1]

SUMBER membagikan konten hasil MANIPULASI yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: judul yang BENAR yang dimuat di situs fajar.co.id adalah “Anies Baswedan Tegaskan Tidak Semua Program Jokowi akan Dilanjutkan Jika Jadi Presiden”.

Verifikasi Foto

Artikel sumber tangkapan layar (screenshot), FAJAR.CO.ID pada 12 Juni 2023: “Bakal calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan menyatakan bahwa tidak semua program yang sudah dijalankan Jokowi akan dilanjutkan jika jadi presiden. …” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Dokumentasi acara yang dibahas di artikel, PKSTV di YouTube pada 30 Mei 2023: “FRAKSI PKS DPR RI DENGAN BANGGA MEMPERSEMBAHKAN: 🔶Bimbingan Teknis & Konsolidasi Nasional Ketua Fraksi PKS dan Pimpinan DPRD Se-Indonesia🔶 …” [3]

Hasil pencarian Google, kata kunci: “anies baswedan pemilu bukan soal meneruskan program pemerintahan sebelumnya” [4]

Hasil pencarian Google Video, kata kunci: “anies baswedan pemilu bukan soal meneruskan program pemerintahan sebelumnya” [5]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] fajar.co.id: “Anies Baswedan Tegaskan Tidak Semua Program Jokowi akan Dilanjutkan Jika Jadi Presiden”, https://bit.ly/46cyWDS / https://archive.ph/x60fC (arsip cadangan).

[3] youtube.com: “[LIVE] Penutupan Bimbingan Teknis & Konsolidasi Nasional Ketua FPKS dan Pimpinan DPRD Se-Indonesia”, https://bit.ly/3PjjvDX / https://archive.ph/sXoW8 (arsip cadangan).

[4] google.com, https://bit.ly/3qKJxWx / https://archive.ph/Zqn6g (arsip cadangan).

[5] google.com, https://bit.ly/3qQLuRr / https://archive.ph/cnw6z (arsip cadangan).