[SALAH] “RIBUAN JENDRAL DEKLARASI GANJAR DAN MAHFUD MD DEMI SELAMATKAN NKRI”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya judul, isi video dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa ribuan jendral deklarasi Ganjar dan Mahfud MD demi selamatkan NKRI.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1686581256.378088/singlefile.html

=====

[NARASI]: RIBUAN JENDERAL TVRUN KE JALAN DEKLARASI GANJAR – MAHFUD DEMI SELAMATKAN NKRI

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Doa Ibu” mengunggah video dengan narasi bahwa ribuan jendral deklarasi Ganjar dan Mahfud MD demi selamatkan NKRI.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Salah satu video identik memperlihatkan sosok Rudi S Kamri Rudi S Kamri sama dengan video yang diunggah oleh kanal Youtube milik Kanal Anak Bangsa dengan judul “DEMI JAGA PANCASILA DAN NKRI 1000 JENDERAL DUKUNG GANJAR PRANOWO SEBAGAI PRESIDEN RI KE – 8”.

Video identik lainnya meperlihatkan sosok Hary Tanoesoedibjo, Ganjar Pranowo, Megawati dan Puan Maharani sedang melakukan pertemuan, video yang sama diunggah oleh kanal Youtube milik
Kompas.com dengan judul “Hary Tanoesoedibjo Datangi PDI-P, Bahas Dukungan Perindo ke Ganjar”.

Dengan demikian, klaim bahwa ribuan jendral deklarasi Ganjar dan Mahfud MD demi selamatkan NKRI adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://www.youtube.com/watch?v=DhO2Z7zf_1w
https://www.youtube.com/watch?v=buvHU78btBw