[SALAH] Anies Menang Lomba Mewarnai

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Foto Anies menang lomba mewarnai merupakan hasil editan. Foto tersebut merupakan gabungan dari 2 foto yang berbeda, foto Anies yang asli memegang penghargaan dari TOP Digital Awards 2020 sedangkan 2 anak di sebelahnya merupakan potongan dari website lenterapendidikan.com.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Satire / Parodi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1686227127.350735/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Salah satu cara mengatasi kemacetan dan banjir DKI ..anies mewarnaj atap rumah warga..dan hasilnya jadi juara pertama”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Kadrun Jahiliyah Insyaf memposting 2 gambar salah satu gambar tersebut nampak Anies yang sedang membawa piala dan sebuah gambar. Dalam postingan terdapat narasi bahwa Anies mewarnai atap rumah warga dan menjadi juara pertama.

Setelah ditelusuri foto tersebut merupakan hasil suntingan. Foto tersebut identik dengan foto yang diunggah di Instagram resmi Anies Baswedan pada 24 Desember 2020. Dalam foto tersebut Anies memegang penghargaan dari TOP Digital Awards 2020, yang mana DKI Jakarta memenangkan 3 kategori di antaranya Top Digital Implementation 2020 on Province Government Level Stars 5, Top Digital Transformation Readiness 2020 dan Top Leader on Digital Implementation 2020.

Lebih lanjut 2 anak kecil yang berada di samping Anies merupakan potongan foto pada website lenterapendidikan.com dalam artikel berjudul “TKIT Dan SDIT Rabbani Juara Lomba Mewarnai” 22 Agustus 2019. 2 potongan foto tersebut diedit lalu dijadikan satu gambar dengan latar belakang lomba mewarnai. Hoaks Anies menjadi juara lomba mewarnai tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Berdasarkan artikel turnbackhoax.id, hoaks tersebut sudah pernah muncul pada Februari 2021.

Dengan demikian foto Anies menang lomba mewarnai merupakan hasil editan. Foto tersebut merupakan gabungan dari 2 foto yang berbeda, foto Anies yang asli memegang penghargaan dari TOP Digital Awards 2020 sedang sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten Satire / Parodi.

REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/CJKyEZlASPR/
http://www.lenterapendidikan.com/berita/sekolah/view/tkit-dan-sdit-rabbani-juara-lomba-mewarnai.html
https://turnbackhoax.id/2021/02/02/salah-anies-raih-piala-lomba-mewarnai/