[SALAH] BAWASLU CIDUK GANJAR BAGI-BAGI SEMBAKO DI SAAT KUNJUNGAN KERJA

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Tidak ditemukan informasi dalam video bahwa Bawaslu menciduk Ganjar Pranowo saat membagikan sembako di jam kerja. Faktanya, thumbnail video adalah hasil manipulasi. Kegiatan pada foto merupakan acara relawan Ganjar saat membagikan sembako kepada warga Jawa Barat pada tahun 2022.

[KATEGORI]

Konten yang dimanipulasi

[SUMBER]

Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1685548701.284991/singlefile.html

[NARASI]

“Geger
KAMPANYE DI JAM KERJA GANJAR AKHIRNYA TERCIDUK B4WA5LU BAGIKAN SEMBAKO”

[PENJELASAN]

Kanal Youtube Teropong Istana mengunggah video yang mengklaim Bawaslu menciduk Ganjar Pranowo saat membagikan sembako di jam kerja. Video itu memuat thumbnail yang melihatkan Ganjar Pranowo di antara para relawan, sedang membagikan sembako kepada warga dengan baju dinas PHD Khaki. Faktanya, foto tersebut adalah manipulasi.

Berdasarkan penelusuran Google Image, foto kegiatan membagikan sembako identik dengan foto dalam artikel detik.com judulnya “Bagi-bagi Sembako Relawan Ganjar Galang Dukungan Di Jawa Barat,” yang diunggah 15 Maret 2022 lalu. Dalam artikel itu, tidak dijelaskan kehadiran Ganjar Pranowo. Jadi, foto thumbnail yang tampak  hadir saat kegiatan itu hanya manipulasi. Foto Ganjar diambil dari sumber yang berbeda kemudian digabungkan jadi satu frame foto.

Selain klaim foto yang tidak sesuai, isi video yang diunggah tidak ada pembahasan tentang kronologi penangkapan Ganjar Pranowo akibat hadir dalam acara membagikan sembako di Jawa Barat. Justru, isi video menjelaskan tentang elektabilitas Ganjar di pemilu 2024.

[REFERENSI]

https://news.detik.com/berita/d-5984785/bagi-bagi-sembako-relawan-ganjar-galang-dukungan-di-jawa-barat/amp