[SALAH] “Anies Baswedan Ajak Masyarakat Tolak Timnas Argentina Bahkan Pemain Pun Dibujuk Tak Datang Latihan!!”

Informasi menyesatkan. Faktanya, video berdurasi 10:34 itu berisi gabungan yang menampilkan Ketua PSSI Erick Thohir dan Anies Baswedan, yang tidak saling berkaitan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Camellia III (fb.com/Amaliacantik08) pada 9 Juni 2023 mengunggah sebuah video dengan narasi:

“Anies Baswedan Ajak Masyarakat Tolak Timnas Argentina Bahkan Pemain Pun Dibujuk Tak Datang Latihan!!”

Sumber: archive.ph/p2fX7 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video dengan klaim bahwa Anies Baswedan mengajak masyarakat menolak Timnas Argentina merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, video berdurasi 10:34 itu berisi gabungan yang menampilkan Ketua PSSI Erick Thohir dan Anies Baswedan, yang tidak saling berkaitan.

Salah satunya video yang menampilkan Anies Baswedan dalam podcast dengan Dahlan Iskan. Video itu diunggah akun YouTube DI’s Way pada 18 November 2021. Video itu Anies mengatakan bakal mendatangkan tim sepak bola Eropa yakni Juventus, Real Madrid dan Barcelona dari kelompok umur U20, dalam soft launching Jakarta International Stadium (JIS) pada tahun 2022.

Sedangkan narasi dalam video membacakan ulang dari artikel suara.com berjudul “Viral Video Anies Janji Datangkan Juventus ke Stadion JIS, Netizen: Prank Terbaik Sepanjang Masa”. Artikel itu membahas soal video lama yang menampilkan wawancara antara wartawan senior Dahlan Iskan dengan Anies Baswedan, yang kala itu masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, kembali viral.

REFERENSI
https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-anies-baswedan-tolak-kedatangan-timnas-argentina-ke-indonesia.html
https://www.youtube.com/watch?v=cN75JHblOng
https://deli.suara.com/read/2023/05/26/113958/viral-video-anies-janji-datangkan-juventus-ke-stadion-jis-netizen-prank-terbaik-sepanjang-masa

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo