[SALAH] Foto Presiden Putin Terjatuh Akibat Serangan Jantung

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konteks yang salah. Foto tersebut merupakan hasil buatan teknologi AI dan tidak ada berita mengenai Presiden Putin yang terjatuh karena serangan jantung baru-baru ini.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/hi8Yu

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Putin jatuh. Selama rapat larut malam dengan anggota mantan negara-negara bekas Uni Soviet, beliau pingsan dan dibantu berdiri kembali dengan menggunakan alat bantu. #Putin #PresidenPutin #Trump2024”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @NAFOScotland mengunggah foto yang memperlihatkan Presiden Vladimir Putin tersungkur di lantai. Foto tersebut dilengkapi penjelasan bahwa Presiden Putin jatuh akibat serangan jantung di acara pertemuan penting dengan negara-negara bekas Uni Soviet. Cuitan dan foto tersebut diunggah pada 12 Mei 2023.

Setelah dilakukan penelusuran dengan Google Reverse Image Search, foto tersebut telah banyak beredar di internet, salah sautnya diunggah oleh pengguna Twitter lain dengan nama pengguna @mishapetrof pada 22 Maret 2023. Pengguna Twitter tersebut memberikan klarifikasi, yang jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, berbunyi sebagai berikut:

“Foto-foto tersebut dihasilkan oleh Artificial Intelligence” dan “tetapi, secara umum, fakta bahwa ternyata dengan bantuan AI dapat menghasilkan foto yang dapat Anda percayai seperti itu merupakan hal yang sangat menarik”.

Terlebih lagi, setelah dilakukan pencarian di Google mengenai berita Presiden Putin yang mengalami serangan jantung, tidak ada satu kanal berita pun yang mengunggah berita terkini perihal kejadian tersebut.

Selain itu, informasi serupa pernah dibahas oleh India Today dengan judul “Fact Check: AI-generated images shared as Putin collapsing after suffering heart attack” dan dikategorikan sebagai False.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @NAFOScotland merupakan konteks yang salah.

=====

Referensi:
https://twitter.com/mishapetrof/status/1638863092703539201


https://archive.cob.web.id/archive/1684957118.016799/singlefile.html


https://www.indiatoday.in/fact-check/story/ai-generated-images-shared-as-putin-collapsing-after-suffering-heart-attack-2378902-2023-05-13