[SALAH] Tangkapan Layar Artikel Berjudul “Jalan jalan ke Madiun, Anies Saya ini asli Dawuhan Caruban”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Tangkapan layar tersebut telah disunting pada bagian judul. Faktanya, artikel tersebut milik wartaekonomi.co.id berjudul “Jalan-jalan ke Cirebon, Anies: Saya Kan Asli Warga Kuningan”

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1685755748.167482/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Jalan jalan ke Madiun, Anies Saya ini asli Dawuhan Caruban”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Aziel J Dilbar memposting sebuah tangkapan layar artikel berjudul “Jalan jalan ke Madiun, Anies Saya ini asli Dawuhan Caruban”. Postingan tersebut diunggah pada 2 Juni 2023 pukul 21.25.

Setelah ditelusuri menggunakan kata kunci judul artikel tersebut ternyata tidak ada artikel yang berjudul “Jalan jalan ke Madiun, Anies Saya ini asli Dawuhan Caruban”, namun ditemukan artikel asli milik wartaekonomi.co.id berjudul “Jalan-jalan ke Cirebon, Anies: Saya Kan Asli Warga Kuningan”. Terdapat kesamaan antara tangkapan layar dan artikel asli yaitu tanggal diunggahnya artikel 29 Maret 2017 pukul 12.14 WIB. Namun terdapat perbedaan pada judul artikel dan gambar artikel. Jika dilihat terdapat perbedaan pada judul dan gambar artikel yang diubah.

Dengan demikian judul artikel pada tangkapan layar tersebut telah disunting. Artikel tersebut milik wartaekonomi.co.id berjudul “Jalan-jalan ke Cirebon, Anies: Saya Kan Asli Warga Kuningan”, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://wartaekonomi.co.id/read135767/jalanjalan-ke-cirebon-anies-saya-kan-asli-warga-kuningan
(arsip: https://archive.cob.web.id/archive/1685852097.234136/singlefile.html)