[SALAH] Selandia Baru Musnah Terhempas Ombak Tsunami

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim bahwa telah terjadi tsunami di Selandia Baru hingga mengakibatkan Selandia Baru musnah terhempas tsunami. Faktanya hal tersebut tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:
Youtube: https://archive.cob.web.id/archive/1684893266.362587/singlefile.html
====
[NARASI]:
:red_circle:live; Kiamat nyata… SELANDIA BARU HARI INI MUSNAH TERHEMPAS OMBAK TSUNAMI”

====

[PENJELASAN]:
Pada 23 Mei 2023 sebuah channel youtube dengan nama CCTV Bencana (https://www.youtube.com/@Cctvbencana12) mengunggah sebuah video dengan klaim telah terjadi tsunami di Selandia Baru hingga mengakibatkan kerusakan besar akibat gempa berkekuatan 7.8 SR yang mengguncang Pasifik Selatan pada 19 Mei 2023.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, apa yang disampaikan pada klaim judul dan thumbnail tidak sesuai dengan apa yang disampaikan di dalam video. Hal tersebut dikarenakan pengunggah justru lebih menyampaikan mengenai dugaan-dugaan akan terjadinya tsunami sebagai dampak dari gempa berkekuatan 7.8 SR ini. Terlebih hingga kini 24 Mei 2023, New Zealand’s National Emergency Management Agency pun juga tidak memberikan informasi resmi terkait kepastian datangnya tsunami di Selandia Baru akibat gempa bumi yang mengguncang Pasifik Selatan pada 19 Mei 2023 lalu.

Tak hanya itu, potongan video tsunami yang digunakan di dalam konten tersebut juga bukanlah rekaman di saat terjadinya tsunami di Pasifik Selatan melainkan potongan-potongan video kapal yang terkena badai saat tengah melaut. Contohnya saja pada menit ke 5:50 yang merupakan potongan video dari sebuah kapal yang tengah menerjang badai yang diambil dari unggahan channel Bernama Most Dangerous pada 1 Februari 2023. Oleh sebab itu, video dengan klaim telah terjadi tsunami yang memusnahkan Selandia Baru merupakan konten yang tidak benar.


==========

[REFERENSI]
[1] https://www.youtube.com/watch?v=SidBlN2OE_A
[2] https://www.liputan6.com/bisnis/read/5291636/gempa-magnitudo-78-melanda-pasifik-selatan-picu-peringatan-tsunami-untuk-vanuatu-fiji-dan-kiribati