[SALAH] Gelombang Tinggi 10 Meter Hanyutkan Wisatawan

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim bahwa terjadi gelombang setinggi 10 meter yang menghanyutkan wisatawan merupakan informasi yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.

====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:
Youtube: https://archive.cob.web.id/archive/1684970849.673747/singlefile.html

====
[NARASI]:
:red_circle:live; Meluap hebat.. GELOMBANG TINGGI 10 METER HANYUTKAN RATUSAN WISATAWAN”

====

[PENJELASAN]:
Pada 23 Mei 2023 sebuah channel youtube dengan nama CCTV Bencana (https://www.youtube.com/@Cctvbencana12) mengunggah sebuah video dengan klaim telah terjadi gelombang setinggi 10 meter yang menghanyutkan ratusan wisatawan.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, apa yang disampaikan pada klaim judul dan thumbnail tidak sesuai dengan apa yang disampaikan di dalam video. Hal tersebut dikarenakan pengunggah justru menyampaikan mengenai imbauan kepada masyarakat Denpasar karena adanya potensi gelombang setinggi 3 meter di perairan Selat Bali terhitung dari 21-23 Mei 2023 dan daerah mana saja yang akan terkena dampak dari gelombang tinggi tersebut seperti Selat Lombok, Selat Badung, dan Samudra Hindia selatan Bali. Tak hanya itu, potongan video yang digunakan di dalam konten tersebut juga bukanlah rekaman disaat gelombang tinggi ataupun tsunami menerjang wilayah Denpasar melainkan pengunggah justu menggunakan video milik WXChasing yang diunggah pada 10 November 2022 yang berisikan erosi tanah yang terjadi di Pantai Daytona, Florida akibat diterjang badai Nicole.

Oleh sebab itu, video dengan klaim adanya gelombang tinggi 10 meter yang menghanyutkan ratusan wisatawan merupakan konten yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]
https://youtu.be/CzJX6dvrFpM