[SALAH] Fadil Imran Dalang Utama Penembakan Habib Bahar bin Smith

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim bahwa Fadil Imran yang menjadi dalang utama dalam kasus penembakan Habib bin Smith merupakan informasi yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:
Youtube: https://archive.cob.web.id/archive/1684945269.336476/singlefile.html

====
[NARASI]:
“Jadi Dalang Utama Pen3mbakan Habib Bahar:exclamation:️Fadil Di Panggil Dpr Ri Untuk Di Adili:bangbang: Viral News~”

====

[PENJELASAN]:
Akun youtube dengan nama Lidah Rakyat (https://www.youtube.com/@lidahrakyat6361) pada 23 Mei 2023 mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa Fadil Imran yang merupakan seorang Komisaris Jendral Kapolda Metro Jaya dipanggil oleh DPR RI untuk diadili sebab beliau diduga menjadi dalang utama dari penembakan Habib Bahar bin Smith.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, faktanya apa yang disampaikan di dalam video tersebut bukanlah perihal panggilan terhadap Komjen Fadil yang diduga menjadi dalang utama dari kasus penembakan Habib Bahar bin Smith. Pengunggah justru lebih menyampaikan perihal kasus penembakan Habib Bahar bin Smith yang masih belum menemukan titik terang sebab tidak terdapat saksi dalam kejadian tersebut. Tak hanya itu, dalam unggahan tersebut pengunggah pun justru menggunakan potongan-potongan video yang juga tidak mendukung dari klaim yang disampaikan pada judul. Contohnya saja seperti penggunakan cuplikan video milik KompasTV yang diunggah pada 15 Mei 2023 yang berisikan kesaksian kepolisian terkait hasil visum luka milik Habib Bahar bin Smith.

Oleh sebab itu, video dengan klaim bahwa Fadil Imran merupakan dalang dibalik penembakan Habib Bahar bin Smith adalah konten tidak benar karena hingga saat ini masih tidak terdapat pernyataan resmi yang disampaikan oleh pihak kepolisian.

==========

[REFERENSI]
https://youtu.be/SBZ09CiZ1Qc