[SALAH] Video Anak Kecil Kabur dari Istana Buckingham, Kediaman Raja Charles III

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya video tersebut adalah klip promosi dari serial The Royals yang tayang di channel E!. Video tersebut secara terulang kembali menjadi bahan hoaks yang ditujukan kepada keluarga kerajaan Inggris. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.md/UmtSC

= = =

Narasi:

“Hey Charels now that you are the king of the Lizards we would love an explanation on this video…You sick Pedovores were caught red handed….God Bless this boy… RT so the all the Kings men sees this…..#WeWantAnswers #KingCharles #RoyalCoronation #CharlesIII #KingCharlesIII”

Terjemahan:

“Hei Charels sekarang karena Anda adalah raja Kadal, kami ingin penjelasan tentang video ini…Anda Pedovor yang sakit tertangkap basah….Tuhan memberkati anak ini… RT agar semua pria Raja melihat ini. ….#WeWantAnswers #KingCharles #RoyalCoronation #CharlesIII #KingCharlesIII”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video yang dibagikan melalui Twitter pada hari Penobatan Raja Charles III, 6 Mei 2023, menunjukkan seorang anak yang diklaim kabur dari Istana Buckingham melewati jendela dengan kondisi yang tidak menggunakan baju. Dalam video juga menunjukkan seperti ada arak-arakan kerajaan.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah, faktanya video tersebut adalah sebuah klip promosi dari serial The Royals yang tayang di channel E! pada 2015. Ini hoaks lama yang beredar kembali dan sering dijadikan bahan untuk menyudutkan keluarga kerajaan Inggris.

Dengan demikian, video anak kecil kabur dari Istana Buckingham, kediaman Raja Charles III adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.snopes.com/fact-check/escape-from-buckingham-palace/

https://www.politifact.com/factchecks/2022/sep/09/viral-image/video-doesnt-show-child-escaping-buckingham-palace/

https://apnews.com/article/fact-checking-445164826550

===