[SALAH] Lima Provokator Timnas Thailand Dipenggal

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada hukuman penggal yang diberikan kepada Timnas Thailand. Tiga ofisial dan dua pemain yang terlibat kericuhan hanya diberi sanksi penangguhan dari Timnas Thailand.

=====

[KATGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1685119485.742473/singlefile.html (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: β€œKABAR BAIK UNTUK INDONESIA! 5 PROVOKATOR THAILAND AKHIRNYA DIPENGGAL”

=====

[PENJELASAN]:

Final pertandingan sepakbola pada ajang Sea Games 2023 antara Indonesia dan Thailand berbuntut ricuh. Beberapa pihak dari Timnas Thailand, baik dari pemain maupun ofisial mendapat sanksi dari Federasi Sepakbola Thailand (FAT). Dalam video yang diunggah kanal Youtube PINTU MERDEKA, disebutkan bahwa lima orang provokator Timnas Thailand akhirnya dipenggal sebagai hukuman atas kericuhan yang terjadi.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi yang menyatakan bahwa hukuman yang diberikan adalah hukuman penggal. Narator dalam video hanya membacakan ulang artikel yang diunggah Bola Sport, Tempo, dan Sumeks.co.

FAT membentuk komite khusus untuk menyelidiki semua orang yang terlibat dalam kericuhan pada pertandingan Indonesia melawan Thailand.

Hasil dari penyelidikan tersebut, FAT memberikan sanksi kepada tiga ofisial dan dua pemain. Ketiga ofisial tersebut adalah Prasadchok Chokmoh, Mayed Madada, dan Patrawut Wongsripuek. Kepada tiga nama tersebut, FAT menjatuhkan hukuman berupa penangguhan selama satu tahun dari tim nasional.

Sementara dua nama pemain Thailand yang dijatuhi sanksi, yakni Soponwit Rakyath dan Thirapak Prueangna. Keduanya diganjar penangguhan aktif di tim nasional selama enam bulan.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.bolasport.com/read/313792903/imbas-kerusuhan-dengan-timnas-u-22-indonesia-5-ofisial-thailand-kena-hukuman
– https://bola.tempo.co/read/1727026/federasi-sepak-bola-thailand-buka-investigasi-ricuh-final-sea-games-2023-ada-ancaman-sanksi
– https://sumeks.disway.id/read/664274/dipermalukan-5-2-oleh-timnas-indonesia-raja-thailand-murka-mereka-akan-saya-panggil-dan-evaluasi-disegerakan