[SALAH] GEGER SORE INI !! JOKOWI DIBIKIN TR∆GIS || UPAYA UNTUK JEGAL ANIES BERAKIBAT FATAL.

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim upaya Jokowi untuk menjegal Anies Baswedan gagal. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya. Unggahan tersebut hanya berisi beberapa video pendukung Anies tentang penjegalan Anies dan narasi tentang sindiran Anies terhadap hasil survey elektabilitas calon presiden tahun 2024.

=========
[KATEGORI]: Konten dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1684866946.023791/singlefile.html (YouTube)

=====
[NARASI]: “GEGER SORE INI !! JOKOWI DIBIKIN TR∆GIS || UPAYA UNTUK JEGAL ANIES BERAKIBAT FATAL.”

============
[PENJELASAN]:

Akun YouTube Politik Rakyat Indonesia pada 23 Mei 2023 mengunggah video dengan judul “GEGER SORE INI !! JOKOWI DIBIKIN TR∆GIS || UPAYA UNTUK JEGAL ANIES BERAKIBAT FATAL”. Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Video yang berdurasi 7 menit 17 detik itu hanya menampilkan beberapa video pendukung Anies Baswedan yang berpendapat tentang upaya penjegalan Anies.

Unggahan tersebut juga menarasikan artikel berjudul “Anies Bicara Keadilan di Milad PKS: Setara di Depan Hukum Jadi PR Luar Biasa” yang diunggah pada laman Detik.com tanggal 19 Mei 2023. Artikel ini berisi tentang sindiran Anies Baswedan terhadap hasil survey elektabilitas calon presiden tahun 2024 di mana dia mendapat peringkat 3 dari 3 calon presiden yang ada.
==========


[REFERENSI]:
– https://www.detik.com/jateng/berita/d-6727653/anies-bicara-keadilan-di-milad-pks-setara-di-depan-hukum-jadi-pr-luar-biasa/amp