[SALAH] DICURANGI FIFA !! PRESIDEN JOKOWI TINGGALKAN FIFA DAN PINDAH KE CONIFA

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Informasi tidak benar. Tidak ada keterangan resmi dari instansi terkait, mengenai sepak bola Indonesia yang meninggalkan FIFA. Video pidato Presiden Jokowi tersebut terkait kinerja BUMN bukan mengenai sepak bola.

[KATEGORI]

Konten Menyesatkan

[SUMBER]

TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1684747388.594172/singlefile.html

[NARASI]

“DICURANGI FIFA !!
PRESIDEN JOKOWI
TINGGALKAN FIFA DAN PINDAH KE CONIFA

SETUJU TINGGALKAN
FIFA??”

[PENJELASAN]

Sebuah akun TikTok membagikan informasi yang mengklaim sepak bola Indonesia meninggalkan FIFA karena dicurangi. Video itu menampilkan cuplikan pidato Presiden Jokowi. Pengunggah menyebut Indonesia bergabung dengan Confederation of Independent Football Associations (Conifa). Faktanya, saat ini Indonesia masih menjadi bagian dari FIFA.

Setelah dilakukan penelusuran menggunakan google image search, video pidato Jokowi yang terlihat marah merupakan saat memberikan arahan kepada para direktur utama BUMN Oktober 2021 lalu. Video tersebut identik dengan unggahan Youtube KompasTV, dengan judul “Presiden Jokowi Merasa Malu: BUMN Sudah Dibukain Pintu, Tapi Tak ada Respon” diunggah pada 16 Oktober 2021.

Selain cuplikan video tersebut, ditemukan juga video identik saat Jokowi pidato pada rapat terbatas pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah yang digelar Juli 2019. Video tersebut diunggah kana Youtube Metro TV dengan judul “Jokowi Perintahkan Percepat Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah.”

Terkait klaim Indonesia keluar dari FIFA dan bergabung dengan Confina, tidak ada informasi valid yang ditemukan. Dilansir dari laman fifa.com Indonesia masih menjadi anggota bersama 45 negara asia lainnya.

[REFERENSI]

https://youtu.be/KLmNj3P79kw
https://youtu.be/QAoUDk1q9yM
https://moots.suara.com/read/2023/05/02/103236/cek-fakta-pssi-keluar-dari-fifa-gabung-ke-conifa-langsung-ditawari-ikut-piala-dunia-u-20-benarkah
https://metro.suara.com/amp/read/2023/04/06/192557/cek-fakta-indonesia-keluar-dari-fifa-putuskan-gabung-conifa-benarkah