[SALAH] Suami Puan Maharani Dijemput Aparat, Terbukti Sekongkol Dengan Johnny G Plate

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa suami Puan Maharani dijemput paksa aparat karena terbukti sekongkol dengan Johnny G Plate adalah konten yang menyesatkan. Faktanya tidak ada bukti yang valid terkait hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Menyesatkan

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1685105486.155088/singlefile.html

====
[NARASI]: “GEMPAR SORE INI II SUAMI PUAN MAHARANI DIJEMPUT APARAT, TERBUKTI SEKONGKOL DGN JHONNY G PLATE”

====

[PENJELASAN]:

Akun Youtube Kabar News (https://youtube.com/@kabarnews672) pada tanggal 25 Mei 2023 mengunggah sebuah video dengan suami Puan Maharani dijemput aparat karena sekongkol dengan Johnny G Plate. Faktanya hingga berita ini dibuat tidak ada bukti yang valid terkait penangkapan Happy Hapsoro, suami Puan Maharani.

Video berdurasi 8 menit tersebut, tidak ada narasi yang mengatakan bahwa telah terjadi penangkapan suami Puan Maharani karena terbukti sekongkol dengan Johnny Plate. Video tersebut membahas nama-nama tokoh yang diduga ikut terlibat dalam kasus korupsi BTS.

Setelah dilakukan penelusuran, video dalam unggahan tersebut sangat identik dengan video unggahan kanal Youtube @KOMPASTV dengan judul “Johnny G Plate Ditahan, Begini Komentar Surya Paloh” dan diupload 18 Mei 2023 lalu. Lebih lanjut, narator hanya membacakan narasi salah satu artikel berita milik wartaekonomi.co.id tentang keterlibatan tokoh-tokoh politik yang diduga korupsi BTS dengan Johnny G Plate. Sehingga dapat disimpulkan video unggahan di atas adalah konten yang menyesatkan.

==========

[REFERENSI]

[1] https://wartaekonomi.co.id/read500681/tersebar-pesan-whatsapp-nama-nama-tokoh-politik-yang-diduga-korupsi-bts-bersama-johnny-g-plate-salah-satunya-nama-suami-puan-maharani?page=1
[2] https://metro.suara.com/read/2023/05/25/111946/cek-fakta-suami-puan-maharani-diciduk-polisi-diduga-terlibat-kasus-korupsi-bts-4g#:~:text=Suami%20dari%20Ketua%20DPR%20RI,diunggah%20pada%2024%20Mei%202023.
[3] https://youtu.be/yXQbJzSfuto