[SALAH] Siap Perang Dingin Istana GONJANG-GANJING! Makruf Amin & Seluruh Warga Nu Kawal Anies Pilpres!!

Hasil periksa fakta Putri Lestari.
Konten yang dimanipulasi. Tidak ada informasi valid mengenai perang dingin antara Ma’ruf Amin dan Jokowi karena berbeda pilihan. Tidak ditemukan juga bukti valid mengenai Ma’ruf Amin dan seluruh warga NU mengawal Anies.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1684942733.706384/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
Siap Perang Dingin Istana GONJANG-GANJING! Makruf Amin & Seluruh Warga Nu Kawal Anies Pilpres!!

= = = = =

Penjelasan :
Akun Youtube LIDAH RAKYAT mengunggah video dengan judul: “Siap Perang Dingin Istana GONJANG-GANJING! Makruf Amin & Seluruh Warga Nu Kawal Anies Pilpres!! ” pada tanggal 3 Mei 2023. Video tersebut menunjukkan tumbnail dengan gambar Ma’ruf Amin bersama Anies Baswedan beserta narasi yang bertuliskan: “SIAP PERANG MELAWAN JOKOWI, MA’RUF AMIN BEDA PILIHAN, KAWAL ANIES BERSAMA SELURUH WARGA NU”.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa gambar Ma’ruf Amin dan Anies Baswedan sebenarnya merupakan gambar saat Ma’ruf Amin memberikan penghargaan kepada Anies Baswedan pada kegiatan APRESIASI DAN PENGANUGERAHAN ZONA INTEGRITAS MENNUJU WBK/MBBWM 2019 yang diselenggarakan di pada 10 Desember 2019. Kegiatan tersebut disiarkan secara langsung melalui akun Youtube rbkunwas. Sedangkan video merupakan hasil editan kumpulan beberapa video yang diberi narasi yang menyesatkan.

Video pertama yang dicuplik adalah video Anies Baswedan saat bertemu dengan Ma’ruf Amin untuk menyampaikan undangan pernikahan putrinya. Pertemuan tersebut diliput oleh akun Youtube IDX CHANNEL pada tanggal 26 Juli 2022 dengan judul: “Sampaikan Undangan Pernikahan Putrinya, Anies Baswedan Bertemu Wapres Ma’ruf Amin”.

Video lain yang dicuplik adalah video keterangan pers Presiden Joko Widodo terkait tragedi sepak bola di Malang, 2 Oktober 2022 yang diunggah di akun Youtube Sekretariat Presiden.

Tidak ada informasi valid mengenai perang dingin antara Ma’ruf Amin dan Jokowi karena berbeda pilihan. Tidak ditemukan juga bukti valid mengenai Ma’ruf Amin dan seluruh warga NU mengawal Anies. Sehingga informasi yang disampaikan dalam video merupakan informasi yang menyesatkan.

= = = = =
Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=aESSLgjhyZM
https://www.youtube.com/watch?v=EeZlJuRaGZ8
https://www.youtube.com/watch?v=EFV1fJT_lgs