[SALAH] Foto Pabrik Produsen Mesin Jet Tempur Rusia Terbakar di Moskow

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konteks yang salah. Foto tersebut merupakan kilang minyak di Moscow yang terbakar pada 2018, bukan foto kebakaran di pabrik produsen mesin jet Rusia.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/STxRF#selection-433.0-433.73

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Sebuah pabrik yang memproduksi mesin jet tempur MiG terbakar di Moskow. Selamat pagi”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @EuromaidanPR (Ukraine Front Lines) mengunggah foto yang memperlihatkan kebakaran pabrik. Foto tersebut diklaim sebagai pabrik produsen mesin jet tempur Rusia yang terbakar di Moskow. Cuitan dan foto yang diunggah pada 12 Mei tersebut telah disukai hampir 6,000 orang, dibagikan dan dikutip ulang lebih dari 500 kali, serta telah dilihat lebih dari 230,000 kali.

Setelah dilakukan penelusuran gambar dengan Google Reverse Image Search, terdapat beberapa artikel berita yang mengunggah foto serupa, salah satunya kanal berita Rusia lenta.ru yang menulis berita tersebut pada 17 November 2018. Dilansir dari artikel tersebut, setelah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, terdapat informasi yang berbunyi sebagai berikut:

“Ada kebakaran di Kilang Minyak Moskow. Tidak ada korban jiwa. Saat ini, sekitar 100 petugas pemadam kebakaran sedang bekerja di lokasi”.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @EuromaidanPR (Ukraine Front Lines) merupakan konteks yang salah.

=====

Referensi:
https://lenta.ru/news/2018/11/17/dontworry/