[SALAH] Video Putin Mengomentari Demokrasi Amerika dan Membantah Intervensi Pemilu di Amerika

Hasil Periksa Fakta Mochamad Marcell

Faktanya video tersebut adalah hasil deepfake untuk merekayasa sintesis citra manusia dengan menggunakan AI. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://perma.cc/PZ7B-S58V

= = =

Narasi:

“America, you blame me for interfering with your democracy, but I don’t have to. You are doing it yourself. Polling stations are closing. You don’t know who to trust. You are divided. There are strings we can pull but we don’t have to, you are pulling them for us.”

Terjemahan:

“Amerika, Anda menyalahkan saya karena mencampuri demokrasi Anda, tetapi saya tidak harus melakukannya. Anda melakukannya sendiri. Tempat pemungutan suara ditutup. Anda tidak tahu siapa yang harus dipercaya. Anda terbagi. Ada senar yang bisa kami tarik tetapi kami tidak harus melakukannya, Anda menariknya untuk kami.”

= = =

Penjelasan:

Unggahan di Instagram menunjukkan video Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengomentari demokrasi di Amerika serta menangkapi tuduhan terhadapnya yang telah mengintervensi pemilihan umumnya.

Setelah ditelusuri video tersebut adalah hasil rekayasa deepfake, faktanya tidak ditemukan sumber pemberitaan yang valid dari pesan yang dibuat oleh Presiden Rusia tersebut. Deepfake merupakan tipuan dapat berupa gambar atau video yang direkayasa dengan menggunakan teknologi AI.

Dilansir dari AFP, video tersebut telah sengaja dibuat sejak 2020 yang direncanakan tayang pada iklan di TV Amerika namun penayangannya dibatalkan. Diketahui 2020 adalah tahun pemilihan presiden Amerika Serikat.

Dengan demikian, video Putin nengomentari demokrasi Amerika dan membantah intervensi pemilu di Amerika adalah salah dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33DF6AK

https://id.wikipedia.org/wiki/Deepfake

===