[SALAH] “Berita Politik: Tolak Ganjar Nyapres!! Krisdayanti & Puluhan Kader PDIP Deklarasikan Anies”

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya tidak ditemukan sumber berita valid yang memberitakan klaim tersebut, narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari AyoJakarta.com terkait elektabilitas Anies Baswedan dalam pemilihan presiden 2024 lebih unggul dari Prabowo dan Ganjar di DKI Jakarta. Selengkapnya pada bagian penjelasan.
= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan
= = =
Sumber: Facebook
https://perma.cc/P4CG-XMVX


= = =
Narasi:
“BERITA POLITIK TOLAK GANJAR NYAPRES !! KRISDAYANTI & PULUHAN KADER PDIP DEKLARASIKAN ANIES”
= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah video di Facebook dengan judul yang mengklaim bahwa Kridayanti dan Puluhan kader PDI Perjuangan mendeklarasikan mendukung Anies Baswedan dalam pemilihan presiden tahun depan.

Setelah ditelusuri tidak ditemukan sumber berita valid yang memberitakan deklarasi dukungan terhadap Anies Baswedan dari kader-kader PDI Perjuangan, termasuk dari Krisdayanti. Kemudian narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari AyoJakarta.com terkait elektabilitas Anies Baswedan dalam pemilihan presiden 2024 lebih unggul dari Prabowo dan Ganjar berdasarkan survey di DKI Jakarta.

Cuplikan pertama dalam video menunjukkan seorang wanita yang sedang berorasi tersebut adalah Monica Meiva Rorong, video tersebut diambil saat kampanyenya politik PDIP di Sulawesi Utara pada 2019, dalam kampanye tersebut Monica meminta suara masyarakat untuk memilih Jokowi-Ma’ruf dalam pilpres 2019. Tidak berkaitan dengan pilpres yang akan berlangsung pada 2024.

Kemudian cuplikan video wawancara dengan Krisdayanti diambil pada saat pelantikan anggota DPR-RI periode 2019-2024, dalam wawancara di gedung DPR-RI tersebut membahas mengenai apa yang akan dilakukannya dalam 100 hari sebagai anggota DPR-RI. Tidak ada kaitannya dengan pilpres 2024 atau dukungannya terhadap Anies Baswedan.

Dengan demikian, Krisdayanti & Puluhan kader PDIP tolak Ganjar nyapres dan deklarasikan Anies Baswedan adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.
= = =
Referensi:
https://www.ayojakarta.com/news/768766315/terupdate-hasil-survei-ipi-tunjukkan-elektabilitas-anies-baswedan-di-posisi-tertinggi-salib-prabowo-ganjar
https://www.youtube.com/watch?v=MoJpUDTnc1s
https://www.youtube.com/watch?v=54pM1kSFAv8
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/05/20/170700682/-hoaks-krisdayanti-dan-puluhan-kader-pdi-p-deklarasikan-dukungan?page=all#page2
===