[SALAH] “AGNEZ MO MENINGGAL DUNIA DI AMERIKA”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya judul, isi video dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Agnez Mo meninggal dunia di Amerika.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1684738169.207491/singlefile.html

=====

[NARASI]: INNALILLAHI, Agnes Monica Meninggal Dunia di Amerika, Kini Jenazah Dipulangkan

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah kanal Youtube dengan nama pengguna “BERANDA VIRAL” mengunggah video dengan narasin Agnez Mo meninggal dunia di Amerika.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Melalui akun Instagram resminya, penyanyi asal Indonesia yang berhasil Go Internasional itu terlihat masih mengunggah kegiatannya di story Intagram pribadinya.

Di akhir video narator juga menjelaskan bahwa berita yang ia bacakan merupakan berita hoaks sekaligus memberi penjelasan bahwa hingga hari ini Agnez Mo masih sehat dan masih kerap membagikan aktivitasnya lewat media sosial.

Bedasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa judul pada video tersebu adalah salah dan masuk dalam kategori konten yang dimanipilasi.

=====

[REFERENSI]:
https://instagram.com/agnezmo?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==
https://www.suara.com/entertainment/2023/05/21/234500/cek-fakta-muncul-kabar-agnez-mo-meninggal-dunia-keluarga-sampai-histeris