[SALAH] Indonesia Jadi Tampil di Piala Dunia U-20.

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Dalam video tersebut narasi yang diucapkan oleh narator sama sekali berbeda dengan klaim pada judul dan thumbnail video, justru isi video hanya berisi ulasan mengenai dicoretnya Indonesia dari Piala Dunia U-20.

===========

[KATEGORI]: Koneksi yang salah

===========

[SUMBER]: Youtube

https://archive.cob.web.id/archive/1684498142.354201/singlefile.html

===========

[NARASI]: β€œFIFA BERI KABAR GEMBIRA!! INDONESIA RESMI TAMPIL DI PIALA DUNIA U-20 – SUDAH KETUK PALU”

===========

[PENJELASAN]: Sebuah channel Youtube bernama Kreator Bola pada 9 Mei 2023 lalu baru saja mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa Indonesia akan tampil di Piala Dunia U-20.

Setelah dilakukan pengamatan pada video, ternyata pada video tersebut si narator hanya membahas seputar permasalahan Indonesia yang dibatalkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang membuat Indonesia gagal turut serta dalam ajang tersebut.

Selanjutnya narator menjelaskan bahwa Argentina lah yang kemudian terpilih untuk menggantikan Indonesia. Sisa dari isi video tersebut hanya berisi tentang keluhan narator mengenai dicoretnya Indonesia di Piala Dunia U-20 oleh FIFA karena adanya konflik politik di dalamnya dan menyinggung soal Israel yang juga memiliki konflik politik namun tidak dicoret dari Piala Dunia U-20.

Hingga akhir video tidak ada bukti penjelasan yang membenarkan klaim pada judul video bahwa Indonesia akan tampil di Piala Dunia U-20, hingga artikel ini dibuat Indonesia masih resmi dicoret dari Piala Dunia U-20 dan tidak ada informasi valid lainnya yang menyebutkan bahwa Indonesia batal dicoret FIFA dan akan tampil di Piala Dunia U-20..

===========

 [REFERENSI] :

https://nasional.tempo.co/read/1709092/sedih-indonesia-dicoret-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-u-20-jokowi-jangan-saling-menyalahkan

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20230418045509-33-430785/sah-argentina-resmi-ganti-ri-tuan-rumah-piala-dunia-u-20