[SALAH] Mahfud MD Lantik Ahok jadi Ketua TPPU

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.
Unggahan video dengan judul yang mengklaim bahwa Mahfud MD melantik Ahok sebagai Ketua TPPU merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, tidak ada pemberitaan resmi terkait klaim tersebut dan video yang digunakan dalam unggahan berasal dari beberapa sumber yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1684312859.081256/index.html#watch%40v%3dgql2z49ru1c.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “MAHFUD MD LANTIK AHOK JADI KETUA TPPU – MEGAWATI MURKA”

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube PILIHAN RAKYAT (https://www.youtube.com/@PILAR_144) pada 2 Mei 2023 mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa Menkopolhukam RI, Mahfud MD, melantik Basuki Tjahja Purnama atau Ahok sebagai Ketua Pansus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Pansus ini nantinya akan menindaklanjuti transaksi janggal senilai 349 triliun dengan melakukan analisa atas Laporan Hasil Analisa (LHA) dan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang telah dihimpun PPATK sejak 2009 hingga 2023.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya tidak ada pemberitaan resmi dan bukti valid terkait klaim seperti yang disebutkan pada unggahan. Selain itu, berbagai video yang ditampilkan pada unggahan tersebut nyatanya berasal dari beberapa sumber yang tidak berkaitan.

Pertama, pada menit 00:35 terdapat video wawancara dengan pakar TPPU, Yenti Garnasih, yang sedang menjelaskan mengenai kasus tindak pidana pasar modal yang melibatkan CEO Jouska, Aakyar Abyasa Fidzuno.

Kedua, pada menit 04:04 terdapat video Ahok yang kala itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dalam video tersebut, nyatanya Ahok sedang menegaskan upaya pemberantasan korupsi yang dimulai dengan pembuktian harta terbalik.

Terakhir, pada menit 06:45 terdapat video konferensi pers Mahfud MD terkait transaksi janggal sebesar 300 triliun dalam Kementerian Keuangan yang ia sebut sebagai indikasi pencucian uang.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh PILIHAN RAKYAT merupakan konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/05/08/170700082/-hoaks-mahfud-md-lantik-ahok-sebagai-ketua-pansus-tppu?page=all
https://www.kominfo.go.id/content/detail/48980/disinformasi-ahok-dilantik-sebagai-ketua-pansus-tppu/0/laporan_isu_hoaks
https://youtu.be/9Uq5BMjplEE
https://youtu.be/alOS_ZOF8JY
https://youtu.be/mXdiNgY4KMo