[SALAH] Video Mahfud MD Datangi Rumah Arteria Dahlan

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Mahfud MD datangi rumah Arteria Dahlan setelah melayangkan ancaman kepada Menkopolhukam adalah konten yang tidak benar. Faktanya hingga saat ini diketahui tidak ada informasi valid terkait hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi
====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1684033727.658177/singlefile.html

====
[NARASI]: “TEPAT HARI INI, MAHFUD DATANGI RUMAH ARTERIA! TERANG2AN ANCAM MENKOPOLHUKAM HINGGA INI YANG TERJADI. ”

====

[PENJELASAN]:

Akun Youtube Kabar Istana (https://youtube.com/@KABARISTANA) pada tanggal 16 April 2023 mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa Mahfud MD datangi rumah Arteria Dahlan. Faktanya tidak ada berita ataupun informasi yang valid terkait hal tersebut.

Diketahui Mahfud MD dan Arteria Dahlan terlibat debat panas dalam rapat komisi lll DPR yang dilaksanakan 29 Maret 2023 lalu. Rapat tersebut guna membahas tentang dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang berawal dari transaksi janggal di lingkup Kementerian Keuangan senilai Rp 349 triliun. Namun, Arteria justru mengancam akan memenjarakan Mahfud karena menurutnya menteri Polhukam tersebut dinilai melanggar Pasal 11 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010. Sehingga terjadi debat panas antar keduanya.

Setelah dilakukan penelusuran, unggahan video berdurasi 5 menit 03 detik tersebut, berisi potongan video rapat komisi DPR. Dalam video tersebut nampak debat panas antara Mahfud dengan Arteria. Hingga pada akhir sidang Arteria Dahlan menyalami anggota rapat terkecuali Mahfud MD. Jika ditelusuri lebih lanjut, salah satu potongan video pada unggahan di atas merupakan video yang pernah diunggah kanal Youtube KOMPASTV dengan judul “Momen Arteria Dahlan Cuek Tak Salami Mahfud MD Usai Rapat” dan diunggah April 2023 lalu.

==========

[REFERENSI]

[1] https://youtu.be/LYamFdl5F7E
[2] https://youtu.be/sTYi41YyDD4