[SALAH] “Koleksi Mobil Sport Gubernur Lampung disita KPK”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya judul dan isi video tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Koleksi Mobil Sport Gubernur Lampung disita KPK.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1684130380.250989/singlefile.html

=====

[NARASI]: Koleksi Mobil Sport Gubernur Lampung disita KPK

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah kanal Youtube dengan nama pengguna “LIDAH RAKYAT” pada tanggal 9 Mei 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa Koleksi Mobil Sport Gubernur Lampung disita KPK.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa foto tumbnail dan video yang diunggah merupakan hasil editan disertai dengan narasi yang menyesatkan. Tidak ditemukan informasi terkait Koleksi Mobil Sport Gubernur Lampung disita KPK seperti yang dinarasikan dalam video.

Nataror dalam video tersebut hanya membacakan artikel milik CNN Indonesia berjudul “Punya Harta Rp22 Miliar, Intip Isi Garasi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi”.

Foto mobil yang tampak pada halaman sampul unggahan video di YouTube itu serupa dengan foto berita Detikcom yang berjudul “Brumm! Ferrari Adik Atut Sering Digeber di Sekitaran Kompleks”.

Dengan demikian, klaim tentang Koleksi Mobil Sport Gubernur Lampung disita KPK adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://www.antaranews.com/berita/3534015/disinformasi-koleksi-mobil-mewah-gubernur-lampung-disita-kpk
https://news.detik.com/berita/d-2378085/brumm-ferrari-adik-atut-sering-digeber-di-sekitaran-kompleks
https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20230508085321-579-946535/punya-harta-rp22-miliar-intip-isi-garasi-gubernur-lampung-arinal