[SALAH] “GANJAR PERINTAHKAN UNTUK RUSAK ATRIBUT ANIES DI JEMBER”

Hasil periksa fakta Ydho Ardi

Informasi palsu. Judul dan keterangan pada thumbnail video tidak sesuai dengan isi video. Pada video tersebut tidak diberitakan bahwa Ganjar perintahkan untuk rusak atribut Anies di Jember.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1684130032.163863/singlefile.html

=====

[NARASI]: TERNYATA SURUHAN GANJAR:exclamation:APARAT BERHASIL TANGKAP PELAKU PERUSAK BANNER ANIES:bangbang:

=====

[PENJELASAN]:
Beredar video dari kanal Youtube dengan nama  akun “POPULER NEWS” mengunggah pada tanggal 11 Mei 2023, video dengan narasi Ganjar perintahkan untuk rusak atribut Anies di Jember.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa foto thumbnail dan video yang diunggah merupakan hasil editan disertai dengan narasi yang menyesatkan. Video merupakan hasil editan dari beberapa kumpulan video yang tidak ada kaitannya.

Melansir dari antaranews.com nataror dalam video tersebut hanya membacakan laporan CNN Indonesia berjudul “Puluhan Banner Gambar Anies Dirusak di Jember, NasDem Lapor Polisi”.

Sementara itu dapat dipastikan thumbnail unggahan video itu serupa dengan unggahan Suara.com berjudul “Akal Bulus Napi Program Asimilasi, Embat Motor Teman Modus Gantian Bonceng”.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa Ganjar perintahkan untuk rusak atribut Anies di Jember adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://www.antaranews.com/berita/3538488/hoaks-ganjar-perintahkan-rusak-atribut-anies-di-jember
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230510152357-617-947820/puluhan-banner-gambar-anies-dirusak-di-jember-nasdem-lapor-polisi
https://www.suara.com/news/2020/05/09/155419/akal-bulus-napi-program-asimilasi-embat-motor-teman-modus-gantian-bonceng