[SALAH] Foto “Innalilahi.. tak kuasa melihat tangis keluarga Cikeas tak terbendung, selamat jalan Anisa Pohan”

BUKAN Anisa Pohan. Foto di video itu adalah foto ketika Agus Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono mengangkut peti jenazah Ibu Ani Yudhoyono setibanya di rumah duka, Cikeas, Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (1/6/2019).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Seputar nusantara (fb.com/Seputarnusantara2024) pada 11 Mei 2023 mengunggah sebuah video yang menampilkan putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono mengangkut peti jenazah dengan narasi: “Innalilahi..tak kuasa melihat tangis keluarga Cikeas tak terbendung”

Di foto tersebut juga terdapat narasi: “TANGIS AHY PECAH!” “SELAMAT JALAN ANISA POHAN ADA KEJANGGALAN ATAS KEPERGIAN NYA HINGGA JADI BEGINI”

Sumber: archive.ph/nDTFy (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto Agus Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono mengangkut peti jenazah dengan klaim “Selamat Jalan Anisa Pohan” merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, bukan Anisa Pohan. Foto di video itu adalah foto ketika Agus Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono mengangkut peti jenazah Ibu Ani Yudhoyono setibanya di rumah duka, Cikeas, Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (1/6/2019).

Foto yang asli salah satunya dimuat di artikel berjudul “Saat Pemakaman Ani Yudhoyono, Ini Rencana Penutupan Jalan di Sekitar TMP Kalibata” yang terbit di situs Kompas pada 2 Juni 2019.

Foto ini diberi keterangan “Putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Yudhoyono (kiri) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (kanan) mengangkut peti jenazah Ibu Ani Yudhoyono setibanya di rumah duka, Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019).(ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)”

Dilansir dari artikel ini, Ibu Ani Yudhoyono tutup usia di National University Hospital (NUH), Singapura, Sabtu, 1 Juni 2019 pukul 11.50 waktu setempat, setelah berjuang melawan kanker darah. Dia dirawat di rumah sakit tersebut sejak 2 Februari 2019.

REFERENSI
https://megapolitan.kompas.com/read/2019/06/02/07144961/saat-pemakaman-ani-yudhoyono-ini-rencana-penutupan-jalan-di-sekitar-tmp

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo