[SALAH] JOKOWI USIR PRABOWO DARI ISTANA NEGARA

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul dan isi video tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Prabowo diusir keluar dari Istana Negara oleh Jokowi.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1683129613.106494/singlefile.html (Facebook)

=======

[NARASI]:
N1AT BUSVK TERB0NGKAR ! JOK0WI US1R PRAB0WO KELUAR IST4NA NE6ARA

DI USIR PAKSA DARI ISTANA
JOKOWI MARAH BESAR,NIAT BUSUK PRABOWO TERBOONGKAR (dalam thumbnail)

=======

[PENJELASAN]:
Beredar video dari halaman facebook bernama Kunci Cerdas dengan klaim narasi yang menyatakan bahwa Prabowo diusir keluar dari Istana Negara oleh Jokowi dikarenakan niat buruknya terbongkar.

Setelah dilakukan penelusuran, isi dalam video klaim tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Prabowo dusir dari Istana Negara.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari seword.com berjudul “Pujian Prabowo ke Jokowi, Nggak Perlu Ditanggapi!” yang diunggah pada 8 Agustus 2022.

Thumbnail dalam video yang menampilkan foto Prabowo dibopong oleh dua orang berbaju putih tersebut identik dengan gambar unggahan pada artikel antaranews.com berjudul “VBNPT beri informasi ke Densus 88 sebelum Wiranto ditusuk” yang diunggah pada 21 November 2021.

Dapat dipastikan thumbnail tersebut adalah hasil editan. Foto aslinya adalah insiden penusukan terhadap Wiranto yang saat itu melakukan kunjungan ke Pandenglang Banten saat masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, HAM (Menko Polhukam).

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa Prabowo diusir keluar dari Istana Negara oleh Jokowi dikarenakan niat buruknya terbongkar adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/05/03/131900282/-hoaks-prabowo-diusir-keluar-dari-istana-negara?page=all#page2

https://seword.com/politik/pujian-prabowo-ke-jokowi-nggak-perlu-ditanggapi-IfixNbkXxY

https://www.antaranews.com/berita/1174235/bnpt-beri-informasi-ke-densus-88-sebelum-wiranto-ditusuk?utm_source=antaranews&utm_medium=desktop&utm_campaign=related_news