[SALAH] ” ANIES RESMI UMUMKAN GATOT NURMANTYO¬† SEBAGAI CAWAPRES LAWAN GANJAR DI PILPRES 2024″

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi palsu. Judul dan keterangan pada thumbnail video tidak sesuai dengan isi video. Pada video tersebut tidak diberitakan bahwa Anies resmi umumkan Gatot Nurmantyo sebagai Cawapres di Pilpres 2024.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1683774221.18306/singlefile.html

=====

[NARASI]: JOKOWI TERKEJUT! ANIES RESMI UMUMKAN GATOT NURMANTYO  SEBAGAI CAWAPRES LAWAN GANJAR DI PILPRES 2024!

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Gajah Mada TV” pada tanggal 11 Mei 2023 mengunggah video dengan narasi  Anies resmi umumkan Gatot Nurmantyo sebagai Cawapres di Pilpres 2024.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa foto tumbnail dan video yang diunggah merupakan hasil editan disertai dengan narasi yang menyesatkan. Video merupakan hasil editan dari beberapa kumpulan video yang tidak ada kaitannya.

Salah satu video identik terdapat pada unggahan akun Youtube milik KOMPASTV dengan judul “Pidato Politik Anies Baswedan di Senayan, Bahas Ketimpangan hingga Lawan Politik”.

Selain itu belum ada pemberitaan yang valid terkait siapa yang akan menjadi Cawapres Anies Baswedan untuk Pilpres pada tahun 2024 nanti.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa Anies resmi umumkan Gatot Nurmantyo sebagai Cawapres di Pilpres 2024 adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://youtu.be/LeUeClHqhmg
https://populis.id/read56917/gatot-nurmantyo-disebut-resmi-jadi-cawapres-anies-baswedan-ternyata