[SALAH] Tangkapan Layar Artikel Detik “Anies Unggah Momen Baca Bulu Bini orang lebih menggoda”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar tangkapan layar artikel detik dan gambar Anies pada postingan Facebook merupakan hasil suntingan. Judul tangkapan layar yang asli adalah “Anies Unggah Momen Baca Buku ‘Principles for Navigating Big Debt Crises'” dan buku yang dibaca Anies berbaju putih adalah “HOW Democracies DIE”.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1683429957.715839/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Anies Unggah Momen Baca Bulu Bini orang lebih menggoda”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Agus Wijaya memposting gambar Anies yang sedang membaca sebuah buku dan terdapat tangkapan layar artikel dengan judul “Anies Unggah Momen Baca Buku Bini orang lebih menggoda”. Jika dilihat tangkapan layar artikel tersebut milik Detiknews. Postingan tersebut diunggah pada 6 Mei 10.31.

Setelah ditelusuri pada website Detiknews judul artikel “Anies Unggah Momen Baca Buku Bini orang lebih menggoda” tidak ada. Jika berdasarkan keterangan tanggal dan waktu diunggahnya artikel yaitu Rabu, 26 April 2023 pukul 19.26 WIB ditemukan artikel asli yang berjudul “Anies Unggah Momen Baca Buku ‘Principles for Navigating Big Debt Crises'”. Terdapat kesamaan juga antara tangkapan layar dan artikel asli pada nama penulis yaitu Eva Safitri, namun gambar pada artikel telah disunting pada cover buku. Lebih lanjut gambar Anies yang memakai baju putih sedang membaca buku juga merupakan hasil suntingan, setelah ditelusuri cover buku yang asli “HOW Democracies DIE” bukan “BINI ORANG LEBIH MENGGODA”.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel detik dan gambar Anies pada postingan Facebook merupakan hasil suntingan. Judul tangkapan layar yang asli adalah “Anies Unggah Momen Baca Buku ‘Principles for Navigating Big Debt Crises'” dan buku yang dibaca Anies berbaju putih adalah “HOW Democracies DIE”, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://news.detik.com/pemilu/d-6691413/anies-unggah-momen-baca-buku-principles-for-navigating-big-debt-crises
https://www.cnbcindonesia.com/news/20201123081125-4-203790/anies-baca-buku-how-democracies-die-netizen-kode-keras