[SALAH] Ganjar Pranowo Mundur dari PDIP karena Kasus Korupsi KTP Elektronik

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi mundurnya Ganjar Pranowo dari PDIP dalam video tersebut. Narasi dalam video menjelaskan mengenai dugaan keterlibatan Ganjar dalam kasus korupsi KTP Elektronik yang sebelumnya pernah beredar.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1683808663.75972/singlefile.html (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: “Seluruh Berkas Di Serahkan Ke Megawati:exclamation:Ganjar Resmi Keluar Dari Pd1 Gara2 Kasus Besar Ini:bangbang:

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah kanal Youtube mengunggah video dengan klaim bahwa Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyerahkan berkas pengunduran dirinya dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Hal tersebut dilakukan Ganjar karena keterlibatannya dalam kasus korupsi pengadaan KTP Elektronik.

Setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi yang menjelaskan tentang pengunduran Ganjar dari partai yang mengusungnya sebagai Calon Presiden tersebut. Narator dalam video hanya membacakan ulang artikel yang diunggah RMOL dengan judul “Dugaan Keterlibatan Ganjar di Kasus KTP-el Kembali Muncul, Ganjalan Megawati Mengusung di Pilpres.”

Dalam artikel yang diunggah pada 25 Maret 2023 tersebut menjelaskan tentang beredarnya daftar nama-nama politisi yang diduga menerima aliran kasus korupsi KTP Elektronik, termasuk ada nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Dalam artikel RMOL yang lain, disebutkan bahwa daftar nama tersebut beredar melalui pesan Whatsapp. Daftar nama ini tersaji dalam bentuk infografis yang dibuat pada tahun 2017 dan pernah beredar sebelumnya.

Hingga saat ini, tidak ada informasi pengunduran diri Ganjar dari media yang kredibel atau informasi resmi dari PDIP.

=====

[REFERENSI]: