[SALAH] Pasukan TNI Dikerahkan untuk Menangkap Mafia Sambo

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan judul yang mengklaim bahwa pasukan TNI dikerahkan untuk menangkap mafia Ferdy Sambo merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, judul pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi dan narasi dalam video.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1683195604.573851/singlefile.html (Facebook)

=======

[NARASI]: โ€œKerahkan Pasukan TNI !! Mafia Kasus Ferdy Sambo Ditangkap dengan Bukti Penting Iniโ€

=======

[PENJELASAN]:

Akun Facebook Viral Videos (https://web.facebook.com/Viral-Videos-103352222285708) dan Bawah jendela (https://web.facebook.com/Bawah-jendela-106843148696440) pada 24 Januari 2023 mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa pasukan TNI dikerahkan untuk menangkap mafia Ferdy Sambo. Tertulis pula bahwa para mafia itu akhirnya dapat ditangkap dengan bukti penting.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya judul pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi dan narasi dalam video.

Berbeda dengan keterangan judul yang mengklaim bahwa pasukan TNI dikerahkan untuk menangkap mafia Sambo, nyatanya video tersebut hanya berisi penjelasan mengenai dugaan gerakan bawah tanah yang dilakukan oleh loyalis untuk mengatur vonis Sambo. Disebutkan pula bahwa gerakan ini membutuhkan dana yang cukup besar dan diduga berasal dari bantuan Konsorsium 303. Sepanjang video, tidak ada satu pun informasi mengenai pengerahan pasukan TNI untuk menangkap mafia Sambo seperti yang tertulis pada judul unggahan.

Artikel mengenai gerakan bawah tanah untuk mengatur vonis Sambo
Artikel mengenai dugaan keterlibatan Konsorium 303 untuk mengatur vonis Sambo

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh akun Facebook Viral Videos dan Bawah jendela merupakan konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:

https://www.kompas.tv/article/370262/ada-gerakan-bawah-tanah-agar-vonis-ferdy-sambo-lebih-rendah-ipw-itu-benar-dua-pihak-berseteru

https://surabaya.tribunnews.com/2023/01/23/ada-konsorsium-303-di-gerakan-bawah-tanah-ferdy-sambo-pakar-tidak-murah-hingga-ratusan-miliar?page=all