[SALAH] Dua Bocah Di Kapuk Cengkareng Tewas Terbakar Akibat Bermain HP Sambil Dicharge

Informasi yang salah. Kejadian tersebut bukan terjadi di Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat melainkan terjadi di Jalan Selamat Pulau Kota Medan pada Rabu (3/5). Selain itu penyebab kebakaran bukan akibat bermain HP melainkan korban bermain mancis atau korek api gas.

======

[KATEGORI]: KONTEKS YANG SALAH

======

[SUMBER]: WHATSAPP

======

[NARASI]:

“innalillahiwainailaihirojiun allahummaghfirlahu warhamhu wa afihi wa fu. Terjadi ledakan yang sangat dahsyat korban dua anak telah meninggal di sebabkan (MAIN HP SAMBIL DI CAS) untuk orang tua jaga anak2 biar tidak terjadi seperti kedua anak ini, kejadian hari ini di jakarta barat Di daerah KAPUK cengkareng barat”

======

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah pesan berantai di Whatsapp berupa video dua orang anak yang tengah digotong dalam kondisi gosong dan meninggal. Dalam klaimnya kejadian tersebut terjadi di daerah Kapuk Cengkareng, Jakarta Barat akibat dua anak tersebut bermain ponsel sambil mengisi daya hingga mengakibatkan ponselnya meledak.

Berdasarkan hasil penelusuran, kejadian tersebut bukan terjadi di Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat melainkan terjadi di Jalan Selamat Pulau Kota Medan pada Rabu (3/5). Dua orang balita usia 4 dan 3 tahun tewas terpanggang di Medan karena bermain mancis atau korek api gas.

Korban terjebak di dalam kamar, kondisi pintu terkunci, karena orang tua korban sedang pergi berjualan di pasar.

Kepala Lingkungan 6, Kelurahan Sitirejo III, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan, Ari mengatakan bahwa awal api muncul karena korban yang berinisal A (4) bermain korek api gas di dalam kamar.

Saat korban bermain korek api gas, diketahui orangtua sedang berada di pasar. Sebab, Ari menjelaskan orangtua korban merupakan seorang pedagang di Pasar Simpang Limun.
Selain itu, kondisi pintu rumah saat insiden terjadi dikunci dari luar. Sehingga kedua korban terkurung di dalam kamar.

Komandan Regu 3 Mako 00 Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Medan, Pantas Simamora mengatakan dalam upaya pemadaman ini, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan menerjunkan tiga unit kendaraan pemadam.

======

REFERENSI:

https://www.detik.com/sumut/hukum-dan-kriminal/d-6702447/terpanggang-2-balita-di-medan-gegara-main-mancis

https://realita.co/baca-18202-mainan-korek-api-dua-balita-tewas-terpanggang-dalam-rumah-yang-dikunci-orang-tua